Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Otoritas Bakal Perketat Pengawasan Wisatawan di Labuan Bajo

Pemeriksaan terhadap para penumpang kapal asing yang masuk ke Labuan Bajo dalam rangka menjaga stabilitas pariwisata.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Maret 2020  |  11:22 WIB
Sejumlah kapal siap bersandar di Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/10/2018). - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Sejumlah kapal siap bersandar di Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/10/2018). - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, KUPANG - Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Agustinus Dulla mengatakan seluruh penumpang kapal asing yang menyingahi Labuan Bajo wajib diperiksa guna mencegah masuknya virus corona alias COVID-19 ke daerah tujuan wisata internasional itu.

Bupati Agustinus Dulla seperti dikutip rilis Dinas Kominfo Manggarai Barat, Selasa (10/3/2020), mengatakan pemeriksaan terhadap semua penumpang kapal asing wajib dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas pariwisata di Labuan Bajo.

"Saya meminta agar dilakukan pemeriksaan terhadap para penumpang kapal asing yang masuk ke Labuan Bajo dalam rangka menjaga stabilitas pariwisata di Labuan Bajo," tegas Agustinus Dulla.dalam rapat kordinasi lanjutan Tim Gerak Cepat (TGC) kewaspadaan menghadapi COVID-19.

Mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Ende itu mengapresiasi Tim Gerak Cepat (TGC) kewaspadaan COVID-19 di Manggarai Barat yang telah melakukan berbagai upaya guna mencegah masuknya virus corona ke kabupaten ujung barat pulau Flores itu.

"Saya berterima kasih terhadap semua yang telah dilakukan TGC dalam mencegah masuknya COVID-19. Untuk itu perlu keterlibatan semua pihak dan berkoordinasi secara baik guna menjaga daerah dan kepariwisataan daerah ini," tegas Agustinus Dulla.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Mami menegaskan TGC telah melakukan beberapa langkah strategis dalam mencegah COVID-19 di antaranya melakukan rapat persiapan sektor kesehatan dan rapat koordinasi tingkat organisasi perangkat daerah (OPD).

Selain itu tim TGC juga gencar melakukan sosialisasi kepada tenaga kesehatan di puskesmas dan pemasangan spanduk tentang pencegahan COVID-19.

Ia mengatakan salah satu upaya yang dilakukan TGC adalah membangun kepercayaan diri petugas medis di daerah ini untuk melayani masyarakat dengan tidak perlu kwatir yang berlebihan dalam upaya kesiapsiagaan COVID-19.

"Kami menghimbau masyarakat Manggarai Barat untuk memperhatikan asupan gizi yang seimbang, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, jaga Kebersihan Lingkungan dan membiasakan cuci tangan setelah beraktivitas guna mencegah penularan penyakit," tegas Paulus Mami.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata labuan bajo

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top