Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ruang Benatu Sempat Terbakar, Hotel Grand Inna Bali Beach Sudah Beroperasi Normal

Hotel Grand Bali Beach kembali beroperasi normal setelah pada Minggu (1/3/2020) mengalami kebakaran di ruangan benatu dan lantai 10.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 02 Maret 2020  |  15:45 WIB
Hotel Inna Grand Bali Beach (feri kristianto - bisnis)
Hotel Inna Grand Bali Beach (feri kristianto - bisnis)

Bisnis.com, DENPASAR—Hotel Grand Bali Beach kembali beroperasi normal setelah pada Minggu (1/3/2020) mengalami kebakaran di ruangan benatu dan lantai 10.

 

Manajemen PT Hotel Indonesia Nature (HIN) menyatakan, salah satu hotel tertua di Bali ini sudah diizinkan oleh aparat keamaan untuk beroperasi melayani wisatawan. Dirut HIN Iswadi Said mengatakan tamu dari 44 kamar yang sebelumnya dievakuasi ke Ina Bali Beach Garden, sudah kembali menempati kamar sebelumnya.

 

“Sekarang sudah kembali normal untuk layanan bagi wisatawan, kami beroperasi seperti biasa,” tuturnya di Sanur, Senin (2/3/2020).

 

Iswadi Said didampingi oleh Direktur Operasional dan Pengembangan HIN Seno Andhikawanto, Kalaksa BPBD Bali Made Rentin, GM Grand Inna Bali Beach, IGK. Ayu Ariani. Dia menegaskan hingga saat ini manajemen belum mengetahui nilai total kerugian akibat kebakaran tersebut karena masih dalam perhitungan.

 

Iswadi menegakan meskipun usia hotel Grand Inna Bali Beach sudah tua, tetapi infrastruktur dan bangunan tersebut masih memenuhi standar keamanan. Pihaknya memastikan bahwa kebakaran tersebut tidak mengganggu aktivitas pelayanan kepada wisatawan atau tamu menginap. Itu terjadi karena kobaran api tidak ada membakar salah satu kamar tamu menginap melainkan hanya ruangan benatu.

 

Iswadi menjelaskan kronologi kebakaran diduga karena petir yang menyebabkan munculnya letupan api dan mengakibatkan asap tebal di dekat elevator lantiai 10 pada pukul 17.45 Wita. Dia menduga sambaran petir di hotel tertinggi di Bali itulah yang kemudian menjalar ke bagian unit benatu di lantai dasar. Saat kejadian itu berlangsung, hujan lebar mengguyur daerah Sanur. Namun ditegaskan olehnya bahwa penegasan ini baru dugaan karena pihak forensik masih melakukan penyelidikan.

 

Kalaksa BPBD Bali I Made Rentin memuji kesiap-siagaan petugas di Grand Inna Bali Beach tersebut. Dia mengakui bahwa hotel terbesar di Kawasan Sanur ini belum tersertifikasi bencana oleh pihaknya. Namun, dalam praktinya kesiap-siagaan karyawan dalam melakukan evakuasi dan penanganan kegawatdaruratan patut diacungi jempol.

 

“Meskipun belum tersertifikasi, saya tegaskan penanganan disini melebihi hotel-hotel yang bersertifikasi. Kami memberikan apresiasi sangat tinggi kepada manajemen,” tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel kebakaran sanur inna grand bali beach hotel
Editor : Feri Kristianto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top