ASDP Indonesia Ferry Anggarkan Rp27 Miliar untuk Permak Padangbai

PT ASDP Indonesia Ferry pada 2020 akan mempermak penampilan Pelabuhan Padangbai.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 11 November 2019  |  15:31 WIB
ASDP Indonesia Ferry Anggarkan Rp27 Miliar untuk Permak Padangbai
Suasana pasar rakyat di Padangbai, Bali. - Bisnis/Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR — PT ASDP Indonesia Ferry pada 2020 akan mempermak penampilan Pelabuhan Padangbai sebagai gerbang pariwisata Karangasem untuk mendukung program pemerintah menggenjot jumlah kunjungan wisatawan.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan salah satu peremajaan yang akan dilakukan adalah memperbaiki tampilan infrastruktur di pelabuhan sehingga benar-benar mengejawantahkan perwujudan bali. Saat ini wajah pelabuhan yang menjadi pintu penyeberangan dari Bali ke Lombok itu belum mencerminkan perwajahan budaya Bali secara keseluruhan.

“Sekarang wajah bali ada tapi belum bagus betul kita akan jadikan lebih cocok bagi pariwisata,” jelasnya saat ditemui di Padangbai, Minggu (11/11/2019) malam.

Salah satu BUMN ini akan mengalokasikan dana sekitar Rp27 miliar untuk mempercantik tampilan infrastruktur di pelabuhan. Namun, belum dijelaskan secara rinci bagian fisik apa saja yang akan diperbaiki.

Ira hanya menekankan bahwa Padangbai harus dipercantik tampilannya karena pemerintah Karangasem menggenjot pariwisata sebagai salah satu penopang perekonomian.

Ditambah lagi bahwa di kabupaten dengan pendapatan terendah di Bali ini terdapat pura agung Besakih. Alhasil, kata dia, dibutuhkan pintu masuk representatif agar wisatawan dan masyarakat ketika melintasi pelabuhan di sisi timur Pulau Dewata ini memiliki kenangan indah.

“Kami ingin gerbang masuk ke Karangasem dari ASDP bisa lebih representatif. Kami ingin pastikan pelabuhan pantas. Ekosistem semakin bagi tujuan pariwisata dan di sisi pelabuhan semakin baik,” jelasnya.

Hanya saja, ditegaskan oleh Ira bahwa perbaikan tampilan itu tidak termasuk pengembangan dermaga baru. Menurutnya, penambahan dermaga akan dilakukan secara bertahap. Untuk langkah awal pihaknya memilih memperindah penampilan terlebih dahulu.

Dia menjelaskan hal ini sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah bagi pemda Karangasem.

Sebagai tahap awal memperindah tampilan, ASDP juga menggelar pesta rakyat bertemakan Dari Rakyat Untuk Rakyat di areal Pelabuhan Padangbai Karangasem sebagai wujud memberi apresiasi kepada warga setempat. Ira mengatakan, pelabuhan ini berada di lingkungan operasional layanan penyeberangan Padangbai-Lembar yang menjadi urat nadi transportasi dari Pulau Bali menuju Pulau Lombok, NTB.

Penyeberangan Padangbai-Lembar termasuk jalur tersibuk yang menghubungkan Bali dan Lombok, dengan pergerakan penumpang dan angkutan logistik yang cukup besar mengingat keduanya merupakan destinasi favorit pariwisata di Indonesia.

"Melalui kegiatan Pesta Rakyat ini, kami berharap warga Karangasem dapat merasakan kehadiran ASDP secara nyata, bahwa sebagai korporasi bisnis terutama Badan Usaha Milik Negara tidak hanya fokus pada kegiatan yang mendatangkan profit bisnis, tetapi kami juga peduli dan mengapresiasi masyarakat Karangasem yang selalu mendukung ASDP dalam membangun daerah yang kita cintai ini," tuturnya.

Sesuai dengan motto ASDP “Bangga Menyatukan Nusantara”, kegiatan Pesta Rakyat ini diharapkan juga dapat menyatukan seluruh elemen masyarakat Karangasem untuk hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Adapun aktivitas yang seperti bazaar UMKM, pertunjukan tarian tradisional dari masyakarat Karangasem, wahana permainan untuk anak, pertunjukan band, stand up comedy khas Bali, serta akan diberikan apresiasi hadiah bagi warga Karangasem yang hadir dengan kostum terbaik.

Menurutnya, event ini dapat terselenggara dengan baik melalui dukungan mitra sponsor BUMN dan swasta yang juga memiliki basis layanan dan kepedulian terhadap warga Karangasem.

Ira menambahkan pihaknya juga memberikan penghargaan kepada warga Karangasem sebagai pahlawan lokal dengan kategori pendidikan, kategori kebudayaan, kategori kesehatan, kategori lingkungan, dan kategori komunitas pecalang.

"Kepada seluruh warga Karangasem, mari kita hadir di Pelabuhan Padangbai, untuk menikmati Pesta Rakyat ini. Dengan semangat kepahlawanan, kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan, dan terus bersemangat untuk membangun Kabupaten Karangasem, agar potensi wisata dan budaya yang kita banggakan ini juga dapat terekspose hingga ke luar negeri," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, asdp, pelabuhan padangbai

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top