Avrist Assurance Akan Tambah Agen di Bali

PT Avrist Assurance mempertimbangkan Bali sebagai salah satu daerah potensial untuk meningkatkan penetrasi kepesertaan masyarakat berasuransi.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 18 Oktober 2019  |  15:44 WIB
Avrist Assurance Akan Tambah Agen di Bali
(ki/ka) Head of Corporate Marcom Avrist Assurancen Ernest Febrianto, Presdir Avrist Assurance Anna Leonita, dan Chief Agency Officer Avrist Assurance M. Irsan Zainuddin di Denpasar, Bali.

Bisnis.com, DENPASAR— PT Avrist Assurance mempertimbangkan Bali sebagai salah satu daerah potensial untuk meningkatkan penetrasi kepesertaan masyarakat berasuransi.

Chief Agency Officer Avrist Assurance M. Irsan Zainuddin memprediksi tahun ini kontribusi premi dari Bali terhadap capaian nasional pada akhir tahun ini bisa mencapai Rp2 miliar dari tahun lalu baru Rp900 juta.

Menurutnya, untuk mencapai kenaikan tersebut, pihaknya menargetkan jumlah agen yang beroperasi di Pulau Bali sebanyak 100 orang dari saat ini baru sekitar 57 orang.

“Bali menjadi fokus kami berkembang, apalagi dengan pariwisata yang membuat perekonomian daerah meningkat. Kami ingin memberi kontribusi buat Bali,” tuturnya di Denpasar, Jumat (18/10/2019).

Untuk menggarap pasar di Pulau Dewata, Avrist Assurance akan memperbanyak agen generasi milenial. Generasi milenal di daerah dengan jumlah penduduk sekitar 4,2 juta jiwa ini sangat cocok menjadi agen asuransi.

Salah satu tugas utama yang harus dikerjakan secara serius adalah bagaimana mengangkat tingkat kesadaran masyarakat terhadap perasuransian.

Irsan menegaskan pulau yang menjadi lokomotif pariwisata Indonesia ini memiliki pangsa pasar sangat besar. Oleh karena itu, lanjutnya, penting untuk menyasar generasi milenial di Bali sebagai nasabah asuransi agar penetrasinya semakin tinggi.

Secara khusus dia menyoroti kepiawaian para agen dalam memberikan edukasi manfaat asuransi bagi masyarakat.

Saat ini, Avrist Assurance memiliki lebih dari 3.200 agen di 25 kantor pemasaran yang tersebar di 23 kota di Indonesia. Untuk mendukung target pertumbuhan premium di tahun 2019, pihaknya juga terus merekrut tenaga muda aktif.

“Terutama kaum milenial karena merupakan kunci dalam menjangkau nasabah lebih muda,” jelasnya.

Presdir Avrist Assurance Anna Leonita menyakini Bali ke depannya akan dapat menyusul kontribusi daerah lain yang lebih tinggi. Potensi untuk hasil positif itu ada sehingga perlu untuk semakin cepat dicapai. Sejalan dengan tema Hari Asuransi Nasional, Avrist juga akan memperkuat strategi edukasi.

“Itulah sebabnya strategi produk perusahaan kembali fokus kepada akar asuransi jiwa yang sederhana dan penuh manfaat terpadu, yaitu dengan memberikan proteksi melalui sejumlah rangkaian produk tradisional dan meningkatkan riders, karena masyarakat yang memahami pentingnya asuransi akan turut membeli produk yang dapat memberikan proteksi bagi diri sendiri dan keluarga,” jelasnya ditemui di lokasi sama.

Menurutnya, pada 2019 ini, Avrist Assurance konsisten memberikan pemahaman mengenai pentingnya asuransi terhadap kepada masyarakat melalui berbagai program literasi keuangan dengan berbagai komunitas, khususnya generasi milennial. Selain itu, partisipasi perusahaan di sejumlah kegiatan gaya hidup, seperti konser musik dan juga olah raga.

 Dia menekankan strategi perusahaan untuk kembali ke akar asuransi jiwa berbuah hasil.

Kinerja keuangan Avrist Assurance jauh lebih baik dibandingkan dengan 2017, dengan membukukan laba setelah pajak Rp249 miliar, atau naik 48% jika dibandingkan dengan capaian akhir 2017. Adapun perolehan premi hingga periode semester I-2019 sudah mencapai Rp1,7 triliun.

Anna menyatakan asuransi tradisional memberikan kontribusi yang signifikan pada total pendapatan premi, yaitu sebesar lebih dari 70% pada 2018 atau mencapai Rp 1,2 triliun. Perolehan signifikan ini sejalan dengan strategi Avrist untuk lebih fokus dalam membuat produk proteksi.

Penjualan melalui saluran distribusi agen masih menjadi penyumbang terbesar untuk pendistribusian produk asuransi individu, yakni lebih dari 65%, sementara bancassurance sebesar 35%.

Adapun berkaitan dengan Hari Asuransi Nasional 2019 yang diselenggarkan di Denpasar, Bali, Avrist Assurance akan hadir mendukung acara Festival Hari Asruansi di Lapangan Renon, yang merupakan bagian dari program untuk mensosialisasikan asuransi dan edukasi kepada seluruh masyarkat agar dapat memahami manfaat asuransi.

Di Festival Hari Asuransi itu, Avirst Assurance akan hadir dengan sejumlah “Water Stations” yang siap memberikan kenyamanan kepada para peserta - selayaknya sebuah produk asuransi yang memberikan rasa aman dan nyaman di kala seseorang sedang menjalankan aspirasi hidupnya.

“Dengan tibanya perayaan Hari Asuransi Nasional, tekad dan semangat kami semakin kuat untuk terus memberikan pengenalan dan edukasi manfaat asuransi bagi keluarga Indonesia. Kami, bersama para pelaku dan penggiat industri asuransi nasional, terus mendukung Pemerintah Indonesia agar target program Pemerintah dapat tercapai dengan layak,” jelas Anna.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, pt avrist assurance

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top