Karangasem Siapkan Lahan Parkir Tambahan di Area Pelabuhan Tanah Ampo

Pemerintah Kabupaten Karangasem sudah menyiapkan lahan tambahan untuk kepentingan parkir di area pelabuhan tanah ampo Karangasem.
Sultan Anshori
Sultan Anshori - Bisnis.com 27 Agustus 2019  |  16:45 WIB
Karangasem Siapkan Lahan Parkir Tambahan di Area Pelabuhan Tanah Ampo
Kadis Perhubungan Karangasem Ida Bagus Swastika. - Bisnis/Sultan Anshori

Bisnis.com, DENPASAR — Pemerintah Kabupaten Karangasem sudah menyiapkan lahan tambahan untuk kepentingan parkir di area pelabuhan tanah ampo Karangasem.

Kadis Perhubungan Karangasem Ida Bagus Swastika menyatakan, luasan lahan yang disediakan sekitar satu hektare. Lokasi lahan yang direncanakan menjadi lahan parkir tersebut tidak jauh dari lahan parkir yang ada. Namun harus berkoordinasi dengan pihak desa adat selaku pemilik lahan.

"Lahan parkir yang ada saat ini dinilai kurang memadai jika pelabuhan tanah ampo resmi dioperasikan," ujarnya saat ditemui Selasa, (27/8/2019).

Untuk anggaran penyediaan lahan parkir, pihaknya masih menunggu pihak pengelola pelabuhan yang berwenang untuk membuat perencanaan pembangunan termasuk besaran anggarannya.

Kata dia, pembenahan lainnya di bidang penyiapan Infrastruktur transportasi yang baik. Karena sebagai pelabuhan pariwisata maka harus disiapkan pula transportasi yang terintegrasi dengan kawasan pariwisata di kabupaten paling ujung timur pulau bali ini.

Saat ini, Infrastruktur kendaraan pendukung yang tersedia diantaranya bus 10 buah dan roda empat sekitar 40 unit.

"Kalau rute angkutan akan menyesuaikan dg tujuan para wisatawannya. Dan armada yg akan disiapkan tentunya kendaraan kecil seperti roda empat dan roda dua, serta armada massal berupa bus," ujarnya.

Langkah tersebut dilakukan menyusul sudah di tekennya Memory of Understanding (MoU) antara Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan Pemprov Bali serta Kabupaten Karangasem tentang pemanfaatan Pelabuhan Tanah Ampo di kantor Gubernur Bali.

Dengan begitu, dipastikan pelabuhan tanah ampo akan segera beroperasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, dishub

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top