Menteri Jonan Resmikan Infrastruktur Listrik di NTB, Target Elektrifikasi Jadi 99 Persen

Menteri ESDM Ignasius Jonan menargetkan rasio elektrifikasi di Nusa Tenggara Barat 99 persen setelah beroperasinya sejumlah infrastruktur kelistrikan.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 26 Juli 2019  |  11:40 WIB
Menteri Jonan Resmikan Infrastruktur Listrik di NTB, Target Elektrifikasi Jadi 99 Persen
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (kedua kiri) didampingi Plt Direktur Utama PLN Djoko Rahardjo Abu Manan (tengah) dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah (kanan) meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) usai diresmikan di Kecamatan Labuhan Badas, Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, NTB, Kamis (25/7/2019). - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, MATARAM -  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan didampingi Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah dan Plt Direktur Utama PLN Djoko Rahardjo Abu Manan meresmikan infrastruktur kelistrikan di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Proyek kelistrikan di NTB yang diresmikan adalah PLTMG Sumbawa 50 MW, PLTMG Bima 50 MW, GI 150 kV Empang 20 MVA, GI 70kV/150kV Dompu Extension 60 MVA, , GI 70 kV Bima Extension 30 MVA, dan GI 70 kV Bonto Extension, dan Tol Listrik Sumbawa yaitu SUTT 70kV GI Taliwang – PLTU Sumbawa Barat, SUTT 150 kV PLTMG Sumbawa – GI Labuhan, SUTT 150 kV Labuhan – Empang, SUTT 150 kV Empang – Dompu.

“Tentu hadirnya infrastruktur kelistrikan ini akan membuat kelistrikan di NTB dan NTT akan semakin andal,” ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan seperti dikutip Bisnis.com dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Jumat (26/7/2019).

Jonan menambahkan, pembangkit-pembangkit baru diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penyediaan listrik. Selain itu, dengan beroperasinya Tol Listrik Sumbawa sepanjang 461 km membuat sistem kelistrikan Sumbawa dan Bima menjadi interkoneksi.

Khusus di NTB, hingga bulan Juni 2019, rasio elektrifikasi telah mencapai 97,9 persen. Beroperasinya infrastruktur-infrastruktur kelistrikan baru ini dapat meningkatkan rasio elektrifikasi mencapai 99 persen di akhir tahun 2019.

Selain itu dengan kehadiran infrastruktur kelistrikan juga diharapkan dapat mendorong munculnya bisnis dan industri di Pulau Sumbawa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ignasius jonan, pembangkit listrik

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top