Turkish Airlines Mendarat Perdana di Ngurah Rai

Maskapai Turkish Airlines mengawali rute baru penerbangan dari Bandara Istanbul, Turki dan mendarat di Bandara Ngurah Rai, Kamis (17/7/2019) petang.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 18 Juli 2019  |  08:00 WIB
Turkish Airlines Mendarat Perdana di Ngurah Rai
Maskapai Turkish Airlines mengawali rute baru penerbangan dari Bandara Istanbul, Turki dan mendarat di Bandara Ngurah Rai, Kamis (17/7/2019) petang. - Istimewa

Bisnis.com, MANGUPURA – Maskapai Turkish Airlines mengawali rute baru penerbangan dari Bandara Istanbul, Turki dan mendarat di Bandara Ngurah Rai, Kamis (17/7/2019) petang.

Penerbangan perdana pesawat Boeing 787-9 itu dari Turki pukul 01.53 dini hari waktu setempat di hari yang sama dan tiba di Bali pukul 18.46 Wita.

Bandara Ngurah Rai mendapat kehormatan sebagai bandara internasional pertama yang melayani armada Boeing Dreamliner yang membawa 258 penumpang tersebut.

General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai  Herry AY Sikado mengatakan penerbangan baru tersebut kian memudahkan akses menuju Bali bagi wisatawan asal Turki dan negara di sekitarnya.

“Pada 2018 terdapat 10.658 wisatawan asal Turki yang mengunjungi Bali, sedangkan Januari- Juni 2019  tercatat 4.715 wisatawan. Saya berharap kunjungan terus meningkat dengan penerbangan baru ini,” katanya.

Hingga Juni 2019, Bandara Ngurah Rai mencatat telah melayani sebanyak 2.924.996 wisatawan mancanegara. Angka ini naik tipis sebesar 1,1 persen dibandingkan dengan data di periode sama 2018 lalu. Semester pertama 2018, tercatat sebanyak 2.892.302 wisatawan mancanegara masuk ke Bali melalui jalur udara.

Penerbangan Turkish Airlines yang menempuh jarak sekitar 10.350 km tercatat sebagai penerbangan jarak jauh (long haul flight ) yang dilayani Bandara Ngurah Rai.

Hal ini menegaskan bahwa secara infrastruktur Bandara Nguragh Rai mampu melayani pesawat berbadan lebar dengan jarak tempuh jauh.

Sebelumnya, Ngurah Rai pernah melayani penerbangan langsung maskapai asal Rusia, Aeroflot-Rossiya yang melayani rute Moskow – Bali, dan penerbangan Garuda Indonesia rute London – Bali yang keduanya memakai pesawat jenis Boeing 777-300ER.

Rute baru ini menjadikan jumlah rute internasional yang dilayani Bandara Ngurah Rai sebanyak 47 rute. Turkish Airlines juga menjadi maskapai asing ke-32 yang saat ini beroperasi melayani rute melalui Ngurah Rai.

Menurut jadwal, penerbangan rute Istanbul – Bali akan dilayani sebanyak tiga kali dalam satu minggu, yakni setiap Rabu, Jumat, dan Minggu. Rute ini dilayani oleh pesawat dengan nomor penerbangan TK-66, dengan waktu keberangkatan pada pukul 1.30 waktu setempat, dan tiba di Bali pada pukul 19.30 WITA. 

Setelah mendarat di Bali, pesawat yang sama akan melanjutkan penerbangan kembali ke Istanbul pada pukul 21.00 WITA, dengan menggunakan nomor penerbangan TK-67, dengan dijadwalkan mendarat di Istanbul pada pukul 05.25 waktu setempat pada hari berikutnya. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandara ngurah rai, turki, turkish airlines

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top