Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku Usaha Diminta Mendukung Pemprov Bali Atasi Masalah Lingkungan

Pemerintah Provinsi Bali berupaya mengatasi masalah sampah plastik dan pencemaran udara dengan mendorong program 'Bali Bersih' melalui visi 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali'.
NCIG International memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia melihat potensi pasar rokok elektrik yang besar. /FOTO REUTERS
NCIG International memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia melihat potensi pasar rokok elektrik yang besar. /FOTO REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Bali berupaya mengatasi masalah sampah plastik dan pencemaran udara dengan mendorong program 'Bali Bersih' melalui visi 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali'.

Pengamat hukum, Ariyo Bimmo mengatakan para pelaku usaha pariwisata harus mendukung dan berpartisipasi dalam program Pemprov Bali tersebut agar pariwisata Bali tidak mengalami kemerosotan jumlah wisatawan.

"Wisata kan mengutamakan jangka panjang. Ini kaitannya lingkungan, kesehatan, dan ekonomi. Jadi ini semua harus dipikirkan secara integral, pelaku wisata jangan hanya pikir sebanyak-banyaknya wisatawan masuk," ujarnya, Senin (8/7/2019).

Ariyo meminta para pelaku usaha untuk mulai memberikan edukasi kepada para wisatawan. Contohnya, untuk masalah pencemaran udara, wisatawan disarankan untuk mengurangi bahaya rokok dan beralih ke produk tembakau alternatif yang tidak menghasilkan asap.

Sejumlah wisatawan asing yang datang ke Bali pun sudah banyak yang mengetahui tentang produk tembakau alternatif. Hal ini perlu didorong dengan adanya pemberian informasi yang akurat dan regulasi yang mengatur produk tersebut agar ekosistemnya dapat terjaga.

“Edukasi untuk mengurangi asap rokok dan sebagainya bisa dikembangkan. Artinya masyarakat bisa diperkenalkan produk tembakau alternatif sebagai pengganti tembakau. Apalagi industri ini sedang berkembang di Bali,” ujarnya.

Selain itu, Ariyo meneruskan, Pemprov Bali juga dapat menjadikan produk tembakau alternatif sebagai solusi untuk mengurangi dampak bahaya merokok. Apalagi, di beberapa negara, seperti Inggris dan Jepang, juga sudah menggunakan produk tersebut dalam menurunkan jumlah perokok karena memiliki risiko kesehatan yang lebih rendah daripada rokok.

"Ketika pemerintah Inggris misalnya, mengumumkan ini tembakau alternatif risikonya rendah. Konsep ini langsung diterapkan sehingga secara gradual, ada puluhan ribu perokok aktif beralih ke tembakau alternatif," ucapnya.

Untuk itu, kata Ariyo, Pemprov Bali perlu melakukan riset yang menyeluruh dengan menggandeng swasta dan ahli kesehatan.

"Semua harus terlibat sehingga bisa memastikan bahwa produk tembakau alternatif lebih rendah risikonya. Patut dijadikan atau dicoba untuk mengurangi perokok,"ucap dia.

Nyoman Nuarta, Ketua Himpunan Pramuwisata Bali, menambahkan Jepang kini sudah mulai beralih ke produk tembakau alternatif. Ia kerap menemukan beberapa wisatawan Jepang di Bali yang menggunakan produk tersebut.

"Kalau berkaitan dengan wisatawan Jepang yang berlibur ke Bali, hal ini saya rasa tidak ada masalah ya. Apalagi juga tidak ada larangan bagi wisatawan yang ingin membawa dan menggunakan produk tembakau alternatif di Bali," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler