Perluas Pasar di Bali, Doku Gandeng Coco Group

Nantinya, gerai-gerai Coco Group seperti Coco Mart, Coco Express dan Coco Supermarket akan menjadi lebih mudah dengan adanya pembayaran elektronik ini. Mulai dari bayar atau beli, bahkan juga bisa tarik tunai. 
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 23 Juni 2019  |  13:49 WIB
Perluas Pasar di Bali, Doku Gandeng Coco Group
Pemilik Coco Group I Nengah Natyanta (kiri) dan VP of Business Merchant Doku Dody Wijaya (kanan) usai penandatanganan di Denpasar. - Bisnis/Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR - Doku, penyedia solusi pembayaran elektronik lokal di Indonesia memperluas ekspansi di Bali dengan menggandeng perusahaan ritel Coco Group.

Dengan perluasan layanan hingga Pulau Dewata ini, Doku akan menyasar lebih banyak korporat dan ritel di Bali. VP of Business Merchant Doku Dody Wijaya mengatakan penyedia layanan pembayaran ini sebenarnya sudah sejak 2014 menjangkau merchant-merchant di daerah ini.

"Kemitraan dengan Coco Group akan memperluas use cade dari produk Doku yang telah terbuka di berbagai industri. Jika empat tahun lalu banyak digunakan pemilik bisnis online, nantinya belanja online dan offline oleh masyarakat Bali," paparnya di Kuta, Sabtu (23/6/2019).

Dody menjelaskan melalui layanan "payment gateway", merchant Doku mendapat akses ke beragam metode pembayaran dengan sekali proses integrasi.

Metode pembayaran yang beragam akan meningkatkan potensi transaksi sukses dengan memberikan kenyamanan bagi para pembeli untuk memilih opsi pembayaran yang mereka kehendaki.

Selain itu, juga mempermudah proses rekap transaksi serta pembuatan laporan dan analisa penjualan, sehingga para merchant dapat lebih fokus pada pengembangan bisnis ke depan.

Regional Business Manager Doku Bali  I Made Fajar Trisna Kurniawan menuturkan hingga saat ini jumlah merchant yang dilayani di Pulau Dewata sudah hampir 1.000.

Mayoritas merchant adalah usaha perhotelan dan villa, di samping itu ada juga restoran, kargo, industri airlines, agen perjalanan, retail perseorangan dan juga toko-toko online.

Pada semester kedua 2019, tercatat hampir 90% bisnis online di Bali telah memanfaatkan layanan Doku. Ke depan, pihaknya juga ingin memperluas layanan menyasar bidang edukasi.

"Untuk lini bisnis travel dan hospitality, selain industri airlines, vila hotel agen perjalanan semakin banyak bisnis baru menggunakan seperti rental mobil, edukasi, restoran, club spa dan masih banyak lagi," jelasnya.

Sementara itu, penandatangan nota kesepakatan dilakukan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Coco Group ke-19 di lapangan Renon, Denpasar.

Turut hadir, pemilik Coco Group I Nengah Natyanta, Managing Director Coco Group I Wayan Sudira dan Vice President of Business Merchant Doku Dody Wijaya.

Nantinya, gerai-gerai Coco Group seperti Coco Mart, Coco Express dan Coco Supermarket akan menjadi lebih mudah dengan adanya pembayaran elektronik ini. Mulai dari bayar atau beli, bahkan juga bisa tarik tunai.  

Ekosistem yang sudah eksis sebagai langkah pertama sosialisasi sistem ini yaitu lebih dari 110 gerai, dengan jumlah transaksi rata-rata 20.000 per hari ditambah lagi mempekerjakan hampir 2.000 karyawan adalah satu alasan terealisasinya kerjasama antara Coco Group dan Doku. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, sistem pembayaran

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top