Kunjungan Wisman Kapal Pesiar Diprediksi Tumbuh 9,7 Persen Tahun Ini

Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung dengan kapal pesiar pada 2019 diprediksi tumbuh 9,7%.
Ema Sukarelawanto | 29 Maret 2019 15:52 WIB
Bendahara Umum DPP INSA Nova Yudhanto Mugijanto (kedua kiri) menyerahkan pataka INSA kepada Ketua DPC INSA Bali Dadang Rukmana.

Bisnis.com, MANGUPURA—Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung dengan kapal pesiar pada 2019 diprediksi tumbuh 9,7%. 

Bendahara Umum DPP Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia atau Indonesian National Shipowners’ Associations (INSA) Nova Yudhanto Mugijanto mengatakan pertumbuhan tersebut diperkirakan menghadirkan 387 ribu wisman melalui kedatangan 593 kapal pesiar.

“Ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi INSA untuk ikut mengakselerasi pengembangan pariwisata yang dapat memberikan benefit bagi pelayaran nasional,” katanya saat pelantikan DPC INSA Bali, Jumat (29/3/2019).

Menurut Nova kondisi tersebut akan sedikit mendongkrak kinerja pelayaran nasional yang kini belum mencatat pencapaian cemerlang. 

Sejumlah sektor pelayaran telah menunjukkan tren pertumbuhan yang positif, tetapi  masih ada yang masih belum mencerminkan geliat kinerja pertumbuhan yang signifikan

“Industri pelayaran tengah mengalami sejumlah tantangan,di antaranya belum berimbangnya jumlah pertumbuhan kargo dengan laju pertumbuhan ruang muat kapal dan kontrak kerja yang relatif pendek,” katanya. 

Dari sisi moneter, pelayaran nasional dihadapkan pada kondisi minimnya dukungan pendanaan untuk pembangunan atau maintenance kapal dari perbankan nasional dengan memberikan bunga kompetitif dengan tenor panjang.

Begitu juga dari sisi fiskal yang membebani pelayaran nasional. Kendati begitu, lanjutn Nova, kondisi ini masih lebih baik jika dibandingkan dengan kondisi pelayaran internasional.

Di tengah kondisi bisnis dengan sejumlah tantangannya, kita harus tetap berskap optimistis bahwa badai lautan ini akan segera berlalu.

Ia menyebut tantangan saat ini perlu direspons positif dengan harapan akan semakin membuat anggota INSA semakin tangguh di masa mendatang. 

Nova mengatakan perjuangan INSA tidak hanya dalam forum skala nasional, tapi juga pada tingkat regional di Asia maupun di level internasional dalam tanggung jawabnya berperan aktif ikut mengembangkan ekonomi maritim nasional.

Ketua DPC INSA Bali Dadang Rukmana mengatakan saat ini memiliki 40 anggota yang bergerak di bidang pelayaran yang diharapkan ikut andil dalam pengembangan kepariwisataan di Pulau Dewata terutama mendatangkan semakin banyak wisman.

Ia meminta para anggota proaktif dalam mencermati dinamika dan problematika pelayaran, apalagi pada tiga tahun terakhir kedatangan wisman ke daerah ini menunjukkan tren pertumbuhan yang positif.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
insa, kapal pesiar, wisman

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup