Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menjelang Nyepi, Pertamina Amankan Pasokan BBM & Elpiji

Pertamina memastikan penyaluran bahan bakar minyak dan elpiji sebelum dan setelah Hari Raya Nyepi berjalan optimal serta stok mencukupi.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 06 Maret 2019  |  11:37 WIB
Warga menyaksikan Ogoh-Ogoh berjudul
Warga menyaksikan Ogoh-Ogoh berjudul "Shang Bhuta Wingkara" untuk menyambut Hari Raya Nyepi, di Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya, Denpasar, Bali, Minggu (3/3/2019). Pemuda setempat membuat Ogoh-ogoh dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan seperti bambu, batang korek api, koran bekas, kulit bawang putih, akar wangi, rumput laut dan daun-daun kering. - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR – Pertamina memastikan penyaluran bahan bakar minyak dan elpiji sebelum dan setelah Hari Raya Nyepi berjalan optimal serta stok mencukupi.

Rustam Aji, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Jatimbalinus mengatakan penyaluran BBM di Bali pada Selasa (5/3/2019) terpantau lancar dengan realisasi seluruh produk BBM dan BBK mencapai 2785 KL.

“Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 7% dari rata-rata konsumsi harian normal yang berada pada kisaran 2600 KL,” katanya, Rabu (6/3/2019).

Menurut Rustam untuk mendukung kelancaran transportasi dan aktivitas masyarakat, Pertamina menginstruksikan seluruh SPBU di Bali untuk memaksimalkan ketahanan stok BBM di masing-masing lokasi.

Khususnya di jalur dengan potensi keramaian kendaraan, seperti pada jalur Denpasar-Singaraja, Denpasar-Gilimanuk, dan Denpasar-Karangasem, karena mayoritas masyarakat Bali akan pulang ke kampung halaman masing-masing.

Kata dia operasional SPBU akan ditutup pada Rabu (6/3/2019) pukul 22.00 dan akan buka kembali pada Jumat (8/3/2019) pukul 07.00 Wita.

Selain menjamin ketersediaan, SPBU juga diminta tetap menjaga pelayanan dan aspek HSSE (Health, Safety, Security, Environment).

Sedangkan penyaluran elpiji juga berjalan normal, dengan realisasi konsumsi harian elpiji bersubsidi sebesar 691 metrik ton (MT) per hari. Untuk konsumsi harian elpiji nonsubsidi mencapai 56 MT per hari.

Pertamina memprediksi konsumsi slpiji menjelang Hari Raya Nyepi akan mengalami sedikit peningkatan sebanyak 4%-5% atau menjadi 720 MT untuk elpiji subsidi, dan 59 MT untuk elpiji nonsubsidi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali nyepi
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top