Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Libur Nyepi 2019, Ini Jadwal Penutupan Layanan ATM dan EDC di Bali

Penghentian sementara operasional ATM, untuk anjungan di luar kantor akan dimatikan mulai pukul 12.00 pada Rabu, sedangkan yang berada di dalam areal kantor mulai pukul 18.00 bertahap hingga pukul 22.00.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 05 Maret 2019  |  17:24 WIB
Ilustrasi suasana Nyepi Di Bali Suasana ruas jalan Pantai Kuta terlihat lenggang saat Hari Raya Nyepi di Kuta, Bali - Antara
Ilustrasi suasana Nyepi Di Bali Suasana ruas jalan Pantai Kuta terlihat lenggang saat Hari Raya Nyepi di Kuta, Bali - Antara

Bisnis.com, DENPASAR—Seluruh anjungan tunai mandiri atau ATM milik semua bank di Bali bakal dimatikan bertahap terkait Hari Suci Nyepi mulai Rabu (6/3/2019) siang dan dioperasikan kembali pada Jumat (8/3/2019) pagi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana mengatakan selain ATM, seluruh mesin Electronic Data Capture (EDC) juga tidak dioperasikan karena selama pelaksanaan catur brata Nyepi layanan internet dimatikan secara total.

“Nyepi kali ini jatuh pada hari Kamis dan berlanjut libur akhir pekan sehinga permintaan kebutuhan uang cukup tinggi,” katanya, Selasa (5/3/2019).

Menurut Causa kebutuhan uang tunai atau kartal menjelang Nyepi kali ini sekitar Rp2,4 triliun.

Jumlah tersebut cukup besar karena memenuhi permintaan untuk kebutuhan belanja menjelang Nyepi, libur akhir pekan, gaji pegawai pada awal bulan dan untuk mengisi ATM.

Terkait penghentian sementara operasional ATM, Causa menjelaskan untuk anjungan di luar kantor akan dimatikan mulai pukul 12.00 pada Rabu, sedangkan yang berada di dalam areal kantor mulai pukul 18.00 bertahap hingga pukul 22.00.

Untuk pengoperasian kembali ATM dan EDC dipastikan mulai Jumat (8/3/2019) pukul 07.00.

Causa menambahkan penonaktifan ATM ini telah disosialisasikan bersama bank kepada nasabah dan masyaraklat luas dengan mengacu kepada Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika RI, menindaklanjuti  Surat Gubernur Bali Nomor 027/1342/Set/Diskominfos 21/ 2019 perihal Bebas Internet pada Hari Suci Nyepi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nyepi
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top