Badung Optimalkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Pemkab Badung berupaya memaksimalkan dana dari Forum Tanggung Jawab Sosial Perusaaan atau TJSP untuk mendukung program pembangunan di kabupaten ini.
Pantai Pandawa di Badung, Bali./Bisnis.com-Feri Kristianto
Pantai Pandawa di Badung, Bali./Bisnis.com-Feri Kristianto

Bisnis.com, MANGUPURA—Pemkab Badung berupaya memaksimalkan dana dari Forum Tanggung Jawab Sosial Perusaaan atau TJSP untuk mendukung program pembangunan di kabupaten ini.

Kepala Bappeda Kabupaten Badung I Made Wira Dharmajaya mengatakan keterlibatan pihak swasta sangat dibutuhkan karena dana corporate social responsibility (CSR) yang dihimpun melalui TJSP sangat potensial.

“Saat ini fungsi TJSP belum optimal karena  saluran komunikasi belum efektif sehingga pihak swasta berjalan sendiri dengan programnya masing-masing,” katanya, Kamis (17/1/2019). 

Menurut Wira peran TJSP sangat strategis mengingat APBD Kabutapen Badung pada 2019 ini mencapai Rp7,7 triliun sedangkan pendapatan asli daerah (PAD) Rp6,6 triliun.

Ke depan pihak pemkab akan duduk bersama dengan TJSP untuk merancang dana CSR lebih terarah untuk mendukung program dan kebutuhan pembangunan daerah. 

Ia mengaku hal ini merupakan salah satu tugas Bappeda untuk menyelaraskan antara pembangunan yang digarap sesuai hasil musrenbang dan swasta. 

Witra yakin program TJSP bisa mendukung program prioritas di Badung seperti yang belum ini dilakukan yakni penataan taman dan penanganan sampah. 

“Kami berharap sektor lain juga bisa disentuh, termasuk program penanggulangan kemiskinan dan penanganan penyandang disabilitas,” katanya.

Ia menyebut ketika kemampuan keuangan daerah belum mampu menyasar program lain, tentu akan diupayakan dengan meminta dukungan dari pihak ketiga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper