Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelaku Usaha Bali Deklarasi Tingkatkan Kualitas Pariwisata

Aliansi Masyarakat Pariwisata Bali menandatangani deklarasi bersama untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Pulau Dewata.
Ema Sukarelawanto
Ema Sukarelawanto - Bisnis.com 15 Desember 2018  |  16:52 WIB
Wisatawan sedang mengabadikan Daya Tarik Wisata Tanah Lot, Bali. - Bisnis/Feri Kristianto
Wisatawan sedang mengabadikan Daya Tarik Wisata Tanah Lot, Bali. - Bisnis/Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR—Aliansi Masyarakat Pariwisata Bali menandatangani deklarasi bersama untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Pulau Dewata.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan pendapatan domestik regional bruto (PDRB) Bali 70% ditopang dari sektor pariwisata.  Keseriusan untuk meningkatkan kualitas layanan pariwisata, lanjutnya, sangat dihargai dan didukung pemprov yang memiliki komitmen sama.

“Pariwisata telah menjadi tumpuan dan pilar ekonomi Bali, ini harus dijaga dan ditingkatkan,” katanya saat bertemu ratusan pelaku pariwisata, Jumat (14/12/2018) malam.

Menurut Koster pertemuan dan acara santap malam bersama pelaku industri pariwisata di atas kapal Bounty Cruises itu sangat istimewa. Kata dia, hal tersebut menunjukkan pembangunan pariwisata Bali sangat serius, apalagi melihat kontribusi sektor ini sangat strategis dan penting.

“Perekonomian Bali ada di tangan pariwisata. Kalau pariwisata terganggu maka akan terganggu pula perekonomian Bali dan kesejahteraan masyarakatnya juga ikut terkena,” tuturnya.

Koster mengatakan Bali dianugerahi alam yang indah, masyarakat yang ramah, serta budaya yang unik.  Ia menyebut wisatawan datang ke Bali utamanya ingin melihat budaya yang unik, yang tidak ada di tempat lain. 

Turis datang bukan semata karena alamnya yang indah, karena daerah lain juga memiliki alam yang indah-indah, tapi tak memiliki budaya seperti di Bali. 

“Jadi, pariwisata harus lengket dengan alam, budaya, dan masyakatnya, tak boleh lepas, apalagi jalan sendiri-sendiri,” ujarnya.

Koster mengakui saat ini alam Bali terancam kerusakan akibat sampah dan banjir. Sungai dan danau mengalami pendangkalan. Pemasangan kabel-kabel mulai merusak pemandangan.

Ia mengajak masyarakat, termasuk pelaku pariwisata, untuk ikut berbenah agar destinasi pariwisata ini semakin baik.

Koster pun berjanji akan mengyiapkan regulasi untuk membangun Bali dengan baik sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan dalam kepemimpinannya 5 tahun ke depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali pariwisata
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top