Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KJRI Harapkan Rute Langsung Bali-Darwin Dibuka Kembali

Konsul Republik Indonesia di Darwin Dicky D. Soerjanatamihardja mengharapkan ada rute penerbangan langsung dari salah satu daerah di Australia itu ke Bali dan sebaliknya.
Konsul Republik Indonesia di Darwin Dicky D. Soerjanatamihardja (dua dari kiri) dan Gubernur Bali (tiga dari kanan)
Konsul Republik Indonesia di Darwin Dicky D. Soerjanatamihardja (dua dari kiri) dan Gubernur Bali (tiga dari kanan)

Bisnis.com, DENPASAR--Konsul Republik Indonesia di Darwin Dicky D. Soerjanatamihardja mengharapkan ada rute penerbangan langsung dari salah satu daerah di Australia itu ke Bali dan sebaliknya.

Menurut Dicky, Bali masih menjadi primadona tujuan wisata masyarakat Australia. Untuk itu, pihaknya berharap agar Gubernur Bali Wayan Koster bisa mengakomodir hal ini.

"Dulu pernah ada rute langsung Denpasar-Darwin begitu sebaliknya, namun kini sudah tidak ada lagi. Sehingga Saya berharap agar penerbangan ini bisa kembali ada. Kami tahu jika Bali masih menjadi tujuan utama masyarakat disana [Australia], mereka sudah menganggap Bali menjadi rumah kedua bagi mereka," ujarnya di Kantor Gubernur Bali di Denpasar, Rabu (31/10/2018).

Bali dan Northern Teritorry di Australia khususnya Darwin, sudah banyak menjalin kerja sama di berbagai bidang. Namun selama ini fokus utama pengembangan kerja sama ini adalah bidang kesehatan terutama pengembangan rumah sakit serta sektor pariwisata.

Ke depan hubungan baik serta kerjasama yang telah terjalin selama ini diharapkan bisa terus ditingkatkan. 

Koster menyambut baik harapan yang disampaikan. Menurut Koster, hal ini menjadi kesempatan baik untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali. Terlebih selama ini kunjungan wisatawan Australia ke Bali cukup banyak. 

Dia mengatakan akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan Kementerian Perhubungan agar bisa dibukakan kembali rute dimaksud. 

"Saya menyambut baik hal itu [rute Bali-Darwin], ini demi kemajuan pariwisata kita juga. Nanti saya akan sampaikan ke Menteri Perhubungan," ujar Koster.

Selain dibidang Pariwisata, pada pertemuan itu juga dibahas terkait kerjasama dibidang kesehatan dan kegawat daruratan.

Disampaikan Koster, selama ini telah terjalin kerjasama antara Rumah sakit Sanglah dan RSUD Bali Mandara dengan Royal Darwin Hospital. Kedepan agar kerjsama tersebut terus ditingkatkan demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

"Selama ini sudah ada dua Rumah Sakit yang kerjasama dengan Royal Darwin Hospital. Bahkan tenaga medis kami juga sudah sering mendapatkan pelatihan, kedepan hal ini bisa terus ditingkatkan lagi," terang Koster.

Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra yang pada kesempatan tersebut turut mendampingi menyampaikan kerja sama lain yang telah terjalin adalah di bidang Counter Disaster.

Dikatakan Dewa Indra, penanggulangan bencana di wilayah Northern Territory sudah sangat siap, dan sudah banyak petugas yang mendapatkan pelatihan gabungan baik diselenggarakan di Bali maupun di Darwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper