Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesiapan Ujian Berbasis Komputer di Bali Belum 100%

Dinas Pendidikan Provinsi Bali mencatat SMA/SMK di daerah setempat belum bisa 100 persen melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang akan berlangsung pada awal April 2018.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, DENPASAR—Dinas Pendidikan Provinsi Bali mencatat SMA/SMK di daerah setempat belum bisa 100 persen melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang akan berlangsung pada awal April 2018.

"Sesuai dengan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka sekolah dapat melaksanakan UNBK kalau pada satu tempat. Namun, untuk di Kabupaten Karangasem, ada sekolah yang siswanya banyak, tetapi komputernya tidak mencukupi," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali Tjokorda Istri Agung (TIA) Kusuma Wardhani, di Denpasar, Senin (12/3/2018).

Untuk SMA/SMK di Karangasem, lanjut dia, sebenarnya jika dari sisi jumlah siswa dapat dilaksanakan di sekolah lain (dua tempat-red), tetapi aturan yang tidak memungkinkan.

"Dengan melihat kondisi itu, SMA/SMK di Karangasem tidak diizinkan untuk melaksanakan UNBK oleh Kemendikbud. Apalagi proses verifikasi langsung dilakukan oleh Kepala Balitbang Kemendikbud," ujarnya.

Dengan demikian, UNBK untuk tingkat SMA/SMK di Bali hanya dilaksanakan pada tujuh kabupaten dan kota, di luar Kabupaten Karangasem.

Sesuai data proyeksi UN 2018 di Dinas Pendidikan Provinsi Bali, ada 6 SMA (788 siswa) dan 4 SMK (863 siswa) di Kabupaten Karangasem yang akhirnya melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Sedangkan sekolah yang melaksanakan UNBK di seluruh Bali, terdiri dari 178 SMA (29.376 siswa) dan 165 SMK (29.420 siswa). UN SMK digelar 2-5 April dan UN SMA pada 9-12 April 2018.

"Kalau dengan UNBK, sebenarnya kita sudah tidak masalah. Mencontek tidak bisa, bocorin soal dan jawaban tidak bisa, kerja sama juga tidak mungkin. Untuk UNKP, sekarang akan dibuat 20 paket soal. Jadi soal-nya tidak sama untuk semua siswa dalam satu kelas. Semua soal sepenuhnya produk pusat," kata TIA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper