Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemensos Berikan Bantuan Rp300 Miliar ke 34 Difabel Gianyar

Kementerian Sosial RI menggelontorkan bantuan sebesar Rp300.700.000 bagi 34 penyandang disbilitas tuna netra di Kabupaten Gianyar, sebagai bantuan dalam bentuk usaha ekonomi produktif.
Ilustrasi./Reuters
Ilustrasi./Reuters

Bisnis.com, GIANYAR—Kementerian Sosial RI menggelontorkan bantuan sebesar Rp300.700.000 bagi 34 penyandang disbilitas tuna netra di Kabupaten Gianyar, sebagai bantuan dalam bentuk usaha ekonomi produktif.

"Dari jumlah 34 tuna netra penerima bantuan tersebut, sebanyak 29 penyandang disabilitas berprofesi sebagai tukang pijat atau massage, 4 orang peternak babi dan satu orang lagi memiliki warung," kata Kabid. Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Rawisnu, saat menyerahkan bantuan di Gianyar, Kamis (8/3/2018).
8
Dari jumlah Rp300.700.000 bantuan keuangan tersebut, untuk usaha pijat mendapat bantuan Rp9.000.000, peternak babi mendapat bantuan Rp7.900.000 dan untuk usaha warung mendapat bantuan Rp8.100.000, kata Bagus Rawisnu.

Bantuan dari Kementerian Sosial dalam bentuk tunai diberikan sebagai modal usaha agar para penyandang disabilitas khususnya tuna netra dapat mandiri mengembangkan usaha, tidak tergantung pada orang lain di sekitarnya.

Agar bantuan yang diberikan tidak disalahgunakan, ada beberapa item yang harus dipenuhi seperti yang disyaratkan dari Kementerian Sosial, laporan harus segera dikirimkan maksimal satu bulan setelah bantuan diterima yang dilengkapi nota pembelian dengan nominal sesuai RAB yang telah disetujui, foto pembelian barang dan surat pertanyaan.

Terkait dengan adanya keharusan membuat laporan, para penyandang disabilitas tuna netra ini mengaku mengalami kesulitan.

Ketua Pertuni ( Persatuan Tuna Netra Indonesia) cabang Gianyar, Mangku Arsana mewakili penyandang disabilitas penerima bantuan mengatakan mereka kesulitan mencari rekanan tempat membeli barang. Untuk memenuhi persyaratan administrasi yang dibutuhkan.

"Kami harap pihak Dinas Sosial bisa membantu memfasilitasi mengingat keterbatasan fisik dan pengetahuan yang dimiliki oleh anggota kami," kata Mangku Arsana.

Menanggapi hal tersebut Kabid Rehsos Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Rawisnu mengatakan Dinas Sosial siap membantu dalam membuat laporan. Format laporan pun sudah ditentukan oleh pihak Kemensos.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper