Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAWASAN INDUSTRI BOLOK, NTT Targetkan Bebaskan 900 Hektare

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menargetkan pembebasan lahan seluas 900 hektare untuk pengembangan kawasan industri Bolok (KIB) di Kabupaten Kupang dalam tahun 2018.
Ilustrasi kawasan industri.
Ilustrasi kawasan industri.

Bisnis.com, KUPANG—Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menargetkan pembebasan lahan seluas 900 hektare untuk pengembangan kawasan industri Bolok (KIB) di Kabupaten Kupang dalam tahun 2018.

"Proses pembebasan lahan terus berlangsung, tahun ini ditargetkan bisa selesai seluas 900 hektare untuk pengembangan kawasan industri Bolok," kata Kepala Dinas Perindustrian NTT Obaldus Toda di Kupang, Rabu (31/1/2018).

Ia mengatakan, pemerintah provinsi bersama Badan Pertanahan setempat terus memroses pembebasan lahan dan pemberian sertifikat untuk kawasan industri tersebut.

Kawasan industri Bolok, lanjutnya, sudah lama dicanangkan dengan dukungan peraturan gubernur untuk pembebasan lahan potensial seluas 900 hektare, namun masih terjadi persoalan lahan.

"Kondisi sekarang belum semua dikelolah pemerintah secara riil karena masih bermasalah, yang sudah dikuasai pemerintah baru 203 hektare," katanya.

Obaldus mengatakan, luas lahan yang sudah dikuasai pemerintah tersebut juga masih terjadi persoalan karena 36 hektare di antaranya dikelola pihak ketiga sesuai keputusan Mahkama Agung.

"Sementara masih negosiasikan kembali supaya lahan itu kembali ke pemerintah, bisa dengan bayar kembali sesuai aturan yang ada," katanya.

Ia menjelasakan, pemerintah berasama Badan Pertanahan sedang dalam proses pembebasan lahan, pemberian sertifikasi, yang saat ini sudah mencapai hampir 600 hektare dari total 900 hektare.

Menurutnya, pemebebasan lahan ditargetkan tuntas dalam tahun ini karena secara nasional, pemerintah pusat sudah mendukung dengan melalui desain kawasan industri di Kabupaten Kupang, Pulau Timor itu.

"Kementerian Perindustrian akan menyelesaikan desain enginering-nya dalam tahun ini, pra desain sudah tahun lalu, sehingga kalau lahannya tahun ini tuntas dan desainnya siap maka pengembangan isi dari kawasan tersebut sudah mulai berjalan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler