Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10% Soal USBN Sekolah Dasar Sederajat Esai

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud menegaskan bahwa 10 persen jumlah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2018 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) berupa esai.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, DENPASAR—Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud menegaskan bahwa 10 persen jumlah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2018 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) berupa esai.

"Itu beda dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Kepemudan dan Olahraga (Disdikpora) Badung I Made Mandi mengutip informasi dari Balitbang Kemendikbud itu di Mangupura, Bali, Minggu (28/1/2018).

Ia mengatakan pihaknya juga mendapat informasi dari Balitbang Kemendikbud bahwa USBN untuk jenjang SD dan MI akan berlangsung pada April hingga Mei 2018.

"Jadi, Kemendikbud menetapkan soal esai sebanyak 10 persen dari total keseluruhan soal, sedangkan 90 persen adalah pilihan ganda," katanya.

Tidak hanya format soal ujian yang berubah, tapi untuk pembuatan soal pun berubah.

Tahun ajaran sebelumnya, 25 persen soal dipersiapkan pusat dan 75 persen oleh guru yang dikoordinasikan langsung Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama.

"Sementara Tahun 2018, jumlah soal 20-25 persen disiapkan pusat dan 75-80 persen disiapkan oleh kelompok kerja guru (KKG)," katanya.

Dengan adanya perubahan tersebut, pihaknya pun mengaku sudah menyosialisasikan kepada seluruh sekolah yang di Kabupaten Badung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper