Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur: Candidasa Tetap Aman Dikunjungi Walaupun Gunung Meletus

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menekankan bahwa keadaan pulau dewata masih dalam kondisi aman bahkan wilayah Candidasa Karangasem masih bisa jadi objek wisata walaupun saat itu Gunung Agung meletus.

Bisnis.com, DENPASAR – Gubernur Bali Made Mangku Pastika menekankan bahwa keadaan pulau dewata masih dalam kondisi aman bahkan wilayah Candidasa Karangasem masih bisa jadi objek wisata walaupun saat itu Gunung Agung meletus.

Dia menyayangkan banyaknya pemberitaan yang menjelaskan bahwa Bali dalam kondisi bahaya, padahal menurutnya, kenyataan di lapangan tidak seseram pemberitaan tersebut.

“Ini terlalu serem gitu lo, saya kan sudah bilang jangan di serem-seremin karena memang tidak serem,” katanya, Selasa (3/10/2017) saat menghadiri rapat dengan pengelola wisata di Kantor Dinas Pariwisata Bali.

Gubernur mengimbau agar masyarakat tidak menyamakan kejadian meletusnya Gunung Agung saat ini dengan yang terjadi pada tahun 1963. Menurutnya, apa yang terjadi sekarang jelas akan beda penanganannya karena zaman yang sudah maju dan pemerintahan yang sudah stabil.

Dia memastikan, Bali akan tetap berjalan seperti biasa. Bahkan semua elemen penyokong kebutuhan masyarakat seperti air dan listrik masih aman walaupun ada bencana ini.

Gubernur menyayangkan, adanya pemberitaan yang menyatakan bahwa listrik di Bali akan padam lantaran bencana, padahal gardu listrik berada di daerah aman. Begitu pula dengan masalah pasokan air bersih dipastikan tetap berjalan. Dia juga mengatakan jaringan komunikasi di Bali juga tidak akan mati.

“Memang tahun 1963 itu karena enggak ada listrik di Karangasem, mobil pun hanya 10 paling banyak, saat itu pemerintah tidak stabil, tidak organisasi BNPB seperi sekarang, jadi jangan bayangkan Bali sekarang seperti neraka karena gunung meletus,” katanya.

Kata dia, daerah yang terdampak sebagian besar ada di Karangasem, itu pun hanya 28 dari 78 desa yang masuk radius 12 km. Bali, menurutnya, bukan hanya soal Karangasem, namun ada kabupaten lainnya, sehingga masih aman untuk dikunjungi.

Dia tidak memungkiri, penerbangan akan terdampak akibat bencana ini. Namun dipastikan, dampaknya hanya terasa paling tidak satu hari, itu pun jika abu vulkanik mengarah langsung ke bandara.

“Hari ini mau meletus tidak ada korban saya jamin kenapa mesti takut, paling-paling penerbangan kalo abu itu cuma sehari,” sebutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper