Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Timor Tengah Utara Ingin Wilayah Wini Jadi Kawasan Eknonomi

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara menargetkan Kecamatan Wini yang berbatasan dengan distrik Oecusse, Timor Leste akan menjadi daerah atau kawasan ekonomi khusus di daerah itu.
Ilustrasi./IST
Ilustrasi./IST

Bisnis.com, Kefamenanu, NTT – Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara menargetkan Kecamatan Wini yang berbatasan dengan distrik Oecusse, Timor Leste akan menjadi daerah atau kawasan ekonomi khusus di daerah itu.

"Saat ini tengah ada berbagai pembangunan di daerah ini. Dan Wini sendiri tengah ditargetkan untuk menjadi kawasan ekonomi khusus di antara sejumlah kabupaten yang berbatasan dengan Timor Leste," kata Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Fernandes di Kefamenanu, Seni (7/8/2017).

Ia mengatakan untuk mendorong agar daerah perbatasan itu menjadi kawasan ekonomi khusus maka dirinya telah membicarakan hal tersebut dengan Pemerintah Kabupaten Belu yang juga berbatasan dengan Timor Leste.

Hal yang dibicarakan adalah rencana pembangunan bandara udara yang baru yang berada di wilayah perbatasan antara Kabupaten Belu dan Kabupaten TTU.

"Saya sudah membicarakan hal tersebut dengan Bupati Belu Willy Lay soal pembangunan pelabuhan Udara. Sebab jika diperhatikan jika tetap Bandar Udara A.A. Bere Tallo yang terletak di Haliwen, Kelurahan Manumutin tetap berada di daerah itu tidak bisa dikembangkan," tambahnya.

Bupati dua periode ini mengatakan bahwa selama ini jika ada pesawat yang hendak landing di bandara tersebut terpaksa harus melewati garis batas kedua negara sehingga hal seperti itu harus dirubah dengan pembangunan yang baru.

"Kawasan untuk pembangunan bandara itu di daerah Motadik yang panjangnya mencapai belasan kilometer," tuturnya.

Disamping pembangunan bandara, pihaknya juga tengah akan membangun pelabuhan laut besar dalam rangka mewujudkan kawasan ekonomi khusus baru di daerah itu. Oleh karena itu dalam beberapa tahun ke depan, pembangunan sejumlah gudang penampung barang akan segera dilakukan.

Ia sendiri meyakini bahwa Wini dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi daerah yang ramai oleh pengunjung baik itu untuk berwisata atau untuk berbisnis di daerah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper