Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Stroberi di Singaraja Tak Optimal Terimbas Cuaca

Petani stroberi di Desa Pancasari, Kabupaten Buleleng, Bali, mengalami penurunan hasil panen cukup signifikan akibat cuaca yang tidak menentu beberapa minggu terakhir.

Bisnis.com, SINGARAJA—Petani stroberi di Desa Pancasari, Kabupaten Buleleng, Bali, mengalami penurunan hasil panen cukup signifikan akibat cuaca yang tidak menentu beberapa minggu terakhir.

"Akhir-akhir ini hujan turun dalam intensitas tinggi dan di luar perkiraan kami. Biasanya musim peralihan intensitas hujan menurun, tetapi ini malah makin sering," kata Wayan Subawa, salah seorang petani di desa tersebut, Selasa (11/4/2017).

Ia mengatakan, produksi tanaman stroberi hanya sekitar satu kwintal saja atau menurun dibandingkan panen sebelumnya yang mencapai 2-3 kwintal. Setiap kilogramnya laku dijual hingga Rp20.000 kepada pengepul.

Ia menambahkan, kerugian yang dialami akibat hujan tersebut sangat berpengaruh terhadap pendapatan setiap bulan. Biasanya setiap bulannya memperoleh penghasilan sekitar Rp6 juta, namun sekarang hanya Rp3 juta, termasuk untuk biaya pembelian bibit dan pupuk yang mencapai Rp1,5 juta Tanaman yang telah berumur dua bulan itu sebenarnya sudah mulai menghasilkan, akibat diguyur hujan secara terus menerus tanaman menjadi mati. Beberapa tanaman yang hidup mau berbuah namun buahnya busuk.

"Hanya beberapa tanaman saja yang berbuah bagus sehingga hasil panen kali ini tidak maksimal, bahkan mengalami kerugian," ujar dia sembari mengungkapkan stroberi daerahnya selama ini memang memiliki kualitas terbaik di Pulau Dewata.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pihaknya berharap cuaca segera kembali sehingga para petani dapat menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pemupukan dan perawatan yang ada.

"Semoga saja cuaca segera membaik sehingga panen pun melimpah. Kami memang selama ini tergantung juga dengan cuaca yang ada," papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper