Tour di Timor 2018, Perkenalkan Destinasi Wisata NTT

Oleh: Ema Sukarelawanto 05 November 2018 | 11:44 WIB
Tour di Timor 2018, Perkenalkan Destinasi Wisata NTT
Kabid Kelembagaan dan SDM Dinas Pariwisata NTT Roni Fernandez (kiri ke kanan), Kabid Destinasi Beni Wahon, dan Henry Bulan dari PT KISS menjelaskan tentang persiapan International Tour di Timor 2018.

Bisnis.com, DENPASAR—Pemprov Nusa Tenggara Timur kembali menggelar ‘touring’ sepeda bertajuk ‘International Tour di Timor’ 4-8 Desember untuk memperkenalkan destinasi wisata di Pulau Timor.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata NTT Beni Waho mengatakan ini merupakan kegiatan keempat yang disempurnakan dari ‘Tour de Timor’ yang telah 3 kali digelar.

“Perubahan nama dari ‘Tour de Timor’ menjadi ‘Tour di Timor’ karena kegiatan ini bukan belapan penuh, melainkan bersifat gembira dan lebih banyak meninggahi tempat wisata di sepanjang perjalanan,” katanya, Minggu (11/5/2018) petang.

 Menurut Beni wisata bersepeda gembira yang menempuh jarak 386 km ini diawali dari Kabupaten Malaka, kemudian lanjut ke Belu, Timor Tengah Utara (TTU), Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Kupang dan berakhir di Kota Kupang.

Setelah mengikuti seremonial pemberangkatan, peserta diajak singgah ke Pos Lintas Batas Motamasin yang berbatasan dengan Timor Leste danpohon asam jokowi yang menjadi ikon Malaka.

Sedangkan destinasi di Kabupaten Belu yang ditawarkan adalah Pos Lintas Batas Motaain, kolam susu –yang pernah menginspirasi lagu Koes Plus—dan benteng peninggalan Portugis.

Kemudian dilanjutkan ke TTU, di antaranya Pantai Wini, Goa Betani, dan Tanjung Bastian. Untuk objek di TTS yakni wisata alam Bu’at dan menikmati keindahan Pantai Oitune.

Terakhir di Kabupaten Kupang menyaksikan panorama alam Gunung Fatuleu dan finish di Kota Kupang peserta akan mengikuti  balap sepeda di velodrom setempat.

Kepala Bidang Kelembagaan dan SDM Dinas Pariwisata NTT Roni Fernandez mengatakan saat ini baru terdaftar sekitar 50 peserta dari 100 orang yang ditergetkan.

“Kami berupaya Timor yahg memiliki panorama alam yang elok bisa dinikmati peserta dan disebarkan kepada sanak saudara,” katanya.

Henry Bulan dari PT Karya Insan Solusi Sukses sebagai pengelola kegiatan mengatakan panitia telah melakukan persiapan rute dan kordinasi pengawalan serta pengamanan sepnajang perjalanan.

Panitia menyediakan transport lokal dan akomodasi selama lima hari perhelatan ‘Tour di Timor’.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya