Jelang Pertemuan IMF-WBG, Badung Tingkatkan Kesiagaan Damkar

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 05 September 2018 | 16:31 WIB

Bisnis.com, MANGU[URA—Pemkab Badung melakukan berbagai persiapan penanganan bencana kebakaran menjelang Pertamuan Tahunan IMF-World bank Group.

 

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung I Wayan Wirya mengatakan penguatan penanaganan pemadaman kebakaran di antaranya dengan menjalin kerja sama dengan PT Angkasa Pura I.

 

“Kami juga melakukan latihan penggunaan alat dan prasarana serta latihan penyelamatan yang melibatkan personel pemadam kebakaran,” katanya seusai penandatanganan ‘letter of operational coordination agreement’ dengan PT Angkasa Pura I (AP I), Rabu (5/9/2018).

 

Menurut Wirya kegiatan ini untuk melatih kesiapan personel dalam menangani kejadian kebakaran. Salah satu yang dilakukan yaitu kesiapan personel mengoperasikan peralatan Masker Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA) atau alat bantu pernapasan. 

 

Selain itu juga dilakukan latihan keterampilan tali temali untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi.  Personel damkar juga melakukan latihan penggunaan masker dengan tolok ukur berapa waktu yang dibutuhkan dari pemasangan hingga melakukan penanganan kebakaran.

 

Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten badung ikini memiliki Tim Rescue untuk penyelamatan sebanyak 60 personel. Khusus untuk Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group rencananya disiagakan 167 personel termasuk tim rescue di sekitar kawasan ITDC Nuda Dua.

 

Selain itu juga akan dioperasikan 7 unit mobil pemadam kebakaran di empat titik di Nusa Dua. Pengoperasian sarana prasarana serta personil di lokasi akan dilakukan sehari menjelang acara internasional tersebut.

 

Wirya menjelaskan terkait koordinasi dengan PT Angkasa Pura I, jika skala kebakaran kecil akan dilakukan sendiri oleh tim Bandara Ngurah Rai yakni 106 personel dengan 6 unit mobil pemadam kebakaran.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya