Cerita Gianyar Sukses Alirkan Dana Desa

Oleh: Asteria Desi Kartika Sari 07 Juli 2018 | 11:14 WIB
Cerita Gianyar Sukses Alirkan Dana Desa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. /Kemendes

Bisnis.com, GIANYAR - Kementerian, Pembangunan, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyebut Sesa Gianyar salah satu desa yang berhasil mengelola dana desa.

Menteri Desa, Pembangunan, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjonjo mengatakan bantuan dana yang diberikan untuk desa Gianyar sebesar Rp800 juta.

Dana tersebut telah dialirkan kepada masyarakat untuk membangun ekonomi masyarakat. Sebagai tonggak di sektor wisata,dia menyarankan untuk lebih mengembangkan sektor wisata untuk meningkatkan ekonomi kreatif.

"Mungkin uang tersebut bisa dipakai buat festival budaya rutin tiap satu tahun, seperti musik Java Jazz di Gianyar," tutur Eko , dikutip Sabtu (7/7/2018).

Sementara itu, Bupati Gianyar I Ketut Rochineng mengaku dana desa yang diberikan pemerintah senilai Rp 800 juta kepada Desa Gianyar sudah dipergunakan dengan sebaik mungkin. Dia juga menyebut dengan adanya dana tersebut membuat rakyatnya sejaterah. 

"Peran strategis buat sejahtera bagi masyarakat seperti pemerataan pembangunan, mengurus produk unggulan," ujarnya.

Ketut mengatakan program penggunaan dana desa terbagi tiga hal, yaitu berusaha meningkatkan tenaga setempat, penggunaan bahan baku di daerah dan bisa mengelola hasil bumi. Bahkan, kata Ketut, program tersebut bisa meningkatkan penambahan dana dalam program padat karya tunai mencapai Rp 3,8 Miliar. Padahal, dana yang disalurkan senilai Rp 3,1 Miliar.

"Program karya tunai memiliki dampak besar yakni penambahan dana menjadi Rp 3,8," katanya.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya