Penghijauan Lahan TPA Suwung Tak Akan Selesai, Tapi Sampah Dipastikan Tertutup

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 25 April 2018 | 12:33 WIB
Penghijauan Lahan TPA Suwung Tak Akan Selesai, Tapi Sampah Dipastikan Tertutup
Penimbunan di TPA Suwung./Pemkot Denpasar

Bisnis.com, DENPASAR – Penghijauan lahan TPA Suwung seluas 22,4 hektare diprediksi baru akan selesai di sisi barat saja menjelang gelaran IMF WB 2018.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bali I Nyoman Astawa Riadi mengatakan proses penghijauan lahan TPA Suwung seluas 22,4 hektare baru akan selesai pada 2019. Sebab, pengerjaan baru dimulai pada Desember 2018 lalu.

Namun, dia memastikan gundukan sampah di TPA Suwung tidak akan terlihat saat Bali kedatangan delegasi IMF-WB 2018 pada OKtober nanti. Sebaliknya, justru TPA Suwung nantinya akan memberikan pemandangan indah jika dilihat dari Tol Bali Mandara.

“Jadi untuk lahan yang direvitalisasi paling tidak 2019 sudah tuntas penghijauan dan IMF pada Oktober nanti paling tidak sudah selesai di sisi barat jadi dari luar sudah kelihatan hijau ada tanaman,” katanya kepada Bisnis, Rabu (25/4/2018).

Adapun lahan TPA yang luas totalnya mencapai 32,46 haktare disulap menjadi ecopark dengan luas 22,4 hektare. Sementara 5 hektare akan dikelola dengan konsep sanitary landfill management dan 5 hektare sisanya menjadi waste to energy.

Saat ini, pengerjaan yang sudah rampung yakni penutupan 5 hektare lahan untuk sanitary landfill dan 5 hektare untuk waste to energy. Sementara, penghijauan lahan seluas 22,4 hektare masih sedang proses.

“10 hektare sudah selesai dengan meratakan dan mengurung sekarang tinggal yang 22,4 hektar sedang proses,” katanya.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya