Pascaerupsi Gunung Agung, Kunjungan Wisman ke Karangasem Belum Pulih

Oleh: Ema Sukarelawanto 16 April 2018 | 18:01 WIB
Asap dan abu vulkanik menyembur dari kawah Gunung Agung di Pura Lempuyang, Karangasem, Bali, Senin (27/11). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menaikkan status Gunung Agung dari level siaga ke awas setelah terjadinya peningkatan letusan dengan semburan asap dan abu vulkanik hingga ketinggian 3.400 meter. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, DENPASAR—Kunjungan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Karangasem pascaerupsi dan status Awas Gunung Agung telah menunjukkan peningkatan kendati belum pulih seperti sediakala.

Ketua PHRI Kabupaten Karangasem Wayan Tama mengatakan pada aktivitas vulkanis Gunung Agung meningkat paa akhir 2017 lalu  tingkat hunian kamar hotel hanya berkisar 10%-20% dan kini dalam kisaran 30%-40%.

“Memang saat ini sedang ‘low season’, tetapi kami berharap setidaknya bisa melewati okupansi 40% sudah cukup bagus,” katanya, Senin (16/4/2017).

Menurut Tama para pengusaha hotel dan restoran di Karangasem menunggu kondisi yang sebenarnya pada saat ‘high season’ pada Juli mendatang.

“Jika pada Juli nanti wisatawan asing sudah berkunjung secara optimal, berarti pariwisata Karangasem telah normal kembali, kami semua menunggu berita baik itu,” tatanya.

Kata dia, pelaku usaha pariwisata bersama Pemkab Karangasem melakukan berbagai upaya untuk mendorong pemulihan kembali pariwisata di wilayah timur Bali itu.

Ia menyebut selain menggencarkan media sosial melalui berbagai komunitas dan masing-masing perusahaan, juga mengikuti berbagai travel fair di berbagai kota.

Tama berharap kehadiran sejumlah alumni Miss Universe 2015 dari 24 negara yang melakukan aktivitas di Karangasem akhir pekan lalu bisa membantu promosi pariwisata kabupaten ini.

Dia menyebut belasan alumni kontes kecantkan dunia yang menggelar reuni di Taman Ujung, Karangsem itu mengunggah foto-foto objek wisata tersebut di media sosial.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya