Manjakan Wisatawan, Badung Gelar WiFi Gratis

Oleh: Ema Sukarelawanto 13 April 2018 | 16:54 WIB
Manjakan Wisatawan, Badung Gelar WiFi Gratis
Pantai Pandawa di Badung, Bali./Bisnis.com-Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR—Pemkab Badung tengah menyiapkan infrastruktur untuk menunjang program free WiFi di seluruh wilayah kabupaten ini yang akan diluncurkan Oktober mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Made Badra mengatakan saat ini akses internet merupakan salah satu kebutuhan penting masyarakat, termasuk wisatawan.

“Fasilitas WiFi gratis ini disiapkan agar membantu aktivitas warga di era digital dan agar wisatawan tak kehilangan momen mengakses internet,” katanya, Jumat (13/4/2018).

Menurut Badra wisatawan tidak hanya mengakses informasi dari internet, tetapi juga untuk keperluan transaksi semisal pemesanan hotel, transportasi, dan kebutuhan untuk jaringan media sosial. Begitu juga untuk warga Badung bisa untuk menunjang kegiatan usaha dan belajar bagi para siswa.

Dia menyebut kebiasaan wisatawan melakukan ‘update’ status atau mengunggah kenangan di media sosial saat melakukan traveling akan membantu promosi Badung secara efektif.

Kata dia Pemkab Badung tidak tanggung-tanggung mendukung berbagai pendanaan dan fasilitas untuk meningkatkan kualitas pariwisata yang menjadi tulang punggung kabupaten ini.

Program WiFi gratis merupakan bagian dari Pemkab Badung menuju smart city. Program ini ditunjang sekitar 150 km kabel fiber optik yang meliput berbagai wilayah Badung.

Badra menegaskan Badung smart city bakal mendukung industri pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan yang diikuti dengan program lain semisal CCTV yang telah dibangun di berbagai titik strategis untuk kenyamanan dan keamanan para wisatawan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung Wayan Weda Dharmaja mengatakan pembangunan menara merupakan bantuan pihak ketiga yang sebagian ditempatkan di median jalan untuk memasang kabel fiber optic.

Infrastruktur yang dipasang hingga ke tingkat desa itu di nataranya telah dipasang Kecamatan Kuta, Kuta Utara, Kuta Selatan, Mengwi, Abiansemal, dan Petang. “Di wilayah itu telah dibangun sekitar 40 menara kamuflase,” katanya.

Ia menambahkan menara menyerupai pohon nyiur tersebut dibangun bekerja sama dengan sejumlah pihak di antaranya MitraTell dan TBG.

Jumlah menara maupun pihak ketiga yang bekerja sama bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan, sehingga menjangkau seluruh wilayah badung.

Kata dia Pemkab Badung menyediakan anggaran Rp26,8 miliar untuk melaksanakan program WiFi gratis ini. Agar bisa diakses hingga ke pelook desa WiFi gratis akan dipasang di tempat umum seperti bale banjar, puskesmas, kantordesa, kantor camat, sekolah, dan tempat wisata.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya