Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pawang Gajah Tewas Diseruduk Gajah, Ini Penjelasan Taman Safari

Taman Safari mengaku merasa kehilangan karena Komang merupakan karyawan yang berdedikasi.
Presiden Jokowi sedang memantau gajah yang sedang melintas/ilustrasi
Presiden Jokowi sedang memantau gajah yang sedang melintas/ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR – Taman Safari Indonesia angkat suara terkait kematian Komang Resi Yasa saat sedang melakukan interaksi dengan gajah di Taman Safari Bali pada 17 September 2024 lalu.

SVP Marketing Taman Safari Indonesia Group, Alexander Zulkarnain menjelaskan Komang Resi Yasa telah meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. Walaupun tidak menjelaskan kronologis kejadian secara detail, Alex menyebut Insiden ini terjadi saat menjalankan tugasnya ketika yang bersangkutan sedang berinteraksi dengan gajah.

Pihak Taman Safari mengaku merasa kehilangan karena Komang merupakan karyawan yang berdedikasi dalam melaksanakan tugasnya. Alex juga menyebut akan terus berkomunikasi dengan keluarga sebagai bentuk dukungan pasca ditinggal Komang.

“Kami menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga almarhum serta semua pihak yang mengenalnya. Taman Safari Bali akan terus memberikan dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan selama masa berkabung ini. Almarhum telah mengabdikan hidupnya untuk kesejahteraan gajah-gajah, pengabdian dan keahliannya dalam merawat satwa menjadi contoh bagi kita semua," tulis Alexander dari keterangan resminya kepada Bisnis, Selasa (24/9/2024).

Dia mengatakan dedikasi pawang gajah akan selalu dikenang oleh semua yang mengenalnya, baik staf Taman Safari Bali maupun para pengunjung yang pernah menyaksikan dedikasinya. Taman Safari mengklaim menjunjung tinggi standar keselamatan kerja dan prosedur operasional yang ketat.

Mahout telah menjalani pelatihan yang diperlukan dan bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan, termasuk dalam tugasnya berinteraksi dengan gajah. SOP yang kami terapkan bertujuan untuk memastikan keselamatan karyawan dan satwa.

Taman Safari Indonesia adalah taman rekreasi bertema dan situs konservasi kelas dunia yang terletak di enam lokasi dan empat resort di seluruh Indonesia. Taman ini memiliki lebih dari 9325 satwa dari 409 spesies dan menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahunnya. Sejak tahun 1980, Taman Safari Indonesia telah memainkan peran penting dalam menyelamatkan, merehabilitasi, dan melepaskan ribuan hewan kembali ke alam liar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper