Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BBM Pertalite di Bali dan Nusa Tenggara, Pertamina Patra Niaga Ungkap Target Penyaluran

Pertamina Patra Niaga menegaskan masih terus menyalurkan BBM jenis Pertalite (RON 90) kepada masyarakat, sesuai kuota tahun 2024.
Pengendara mengisi bahan bakar pertalite di SPBU./JIBI-Dwi Prasetya
Pengendara mengisi bahan bakar pertalite di SPBU./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, DENPASAR – Operator pelaksana penyaluran Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) alias BBM Subsidi, Pertamina Patra Niaga menegaskan masih terus menyalurkan bahan bakar jenis Pertalite (RON 90) kepada masyarakat, sesuai kuota tahun 2024 yang ditetapkan Pemerintah.

Area Manager Communication Relations dan CSR Jatimbalinus Ahad Rahedi menjelaskan sesuai dengan Kepmen ESDM No 37.K/HK.02/MEM.M/2022, Pertalite merupakan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP). Sehingga perubahan dalam penyalurannya harus melalui kebijakan Pemerintah.

"Hingga saat ini kami masih menyalurkan Pertalite di semua wilayah khususnya area Bali, NTB dan NTT sesuai dengan penugasan yang diberikan Pemerintah. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," jelas Ahad dari keterangan resminya, Jumat (10/5/2024)

Disebutkan dalam penugasan untuk menyalurkan BBM subsidi dengan tepat sasaran bagi konsumen yang berhak, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus mendorong digitalisasi untuk penyaluran BBM Subsidi dengan melakukan pendataan kendaraan pengguna Pertalite untuk mendukung penyaluran tepat sasaran di lapangan. Program ini merupakan upaya Pertamina untuk memastikan transparansi penyaluran BBM bersubsidi. Melalui platform digital penyaluran BBM bersubsidi dapat dipantau secara real time dan mencegah potensi penyelewengan di lapangan.

”Kami mengapresiasi pihak aparat dan masyarakat yang selama ini telah turut serta mengawasi penyaluran Pertalite agar tepat sasaran, dan terus menghimbau kepada seluruh pihak agar ikut mendukung penggunaan BBM yang bijak agar dana subsidi energi dinikmati oleh yang berhak,” ujar Ahad.

Sementara itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting menjelaskan pada prinsipnya Pertamina Patra Niaga selaku pihak yang menjalankan penugasan penyaluran BBM subsidi, berkomitmen untuk tetap mengikuti dan menjalankan semua kebijakan yang ditetapkan Pemerintah.

”Tercatat hingga April 2024, untuk data realisasi penyaluran Pertalite secara nasional adalah sebanyak 9,9 juta Kiloliter (KL), dari total Kuota Pertalite tahun 2024 yang telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sebesar 31,7 juta KL,” ujar Irto. 

Sedangkan untuk wilayah Nusa Tenggara Barat sendiri tercatat realisasi penyaluran Pertalite sebanyak 48.000 Kilo Liter (KL) dari total Kuota Pertalite 182.000 KL untuk tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper