Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4.848 Calon Jemaah Haji Berangkat dari Bandara Lombok, Berikut Jadwalnya

Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid bakal melayani 4.484 calon jemaah haji Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan terbang ke Tanah Suci mulai 12 Mei 2024.
Jamaah calon haji berusaha memegang pintu Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Selasa (13/6/2023)./Antara-Wahyu Putro A.
Jamaah calon haji berusaha memegang pintu Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Selasa (13/6/2023)./Antara-Wahyu Putro A.

Bisnis.com, DENPASAR — Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid bakal melayani 4.484 calon jemaah haji Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan terbang ke Tanah Suci mulai 12 Mei 2024 mendatang. 

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Minggus E.T. Gandeguai menjelaskan ribuan calon jemaah haji tersebut tergabung dalam 13 kloter. 

"Pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, Bandara Lombok akan melayani keberangkatan 4.848 calon jemaah haji yang terbagi dalam 13 kloter. Jemaah haji embarkasi Lombok akan terbang menuju Arab Saudi mulai 12 Mei 2024 hingga 18 Mei 2024 mendatang," ujarnya. 

Adapun rincian jadwal keberangkatannya yakni, 12 Mei 2024 akan menjadi pemberangkatan pertama dari Kloter 1 yang jamaahnya berasal dari Kota Mataram, kemudian pada 3 Mei 2024 kloter 2 dari Kabupaten Lombok Tengah, 15 Mei 2024 - Kloter 3 dari Kabupaten Lombok Barat. 16 Mei 2024, Kloter 4 dari Kabupaten Lombok Timur. 

Selanjutnya 17 Mei 2024 , Kloter 5 dari Kabupaten Lombok Tengah, 18 Mei 2024 - Kloter 6 dari Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, 20 Mei 2024 , Kloter 7 dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Barat, 21 Mei 2024, Kloter 8 dari Kabupaten Bima, Kota Bima, dan 23 Mei 2024 - Kloter 9 dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Barat. 

Kloter 1 sampai Kloter 9 akan diterbangkan langsung dari Bandara Lombok menuju Bandara Pangeran Mohammad bin Abdulaziz, Madinah.

Selanjutnya, 24 Mei 2024, Kloter 10 Kabupaten Lombok Timur, 25 Mei 2024, Kloter 11 Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara. Kemudian 27 Mei 2024, Kloter 12 dari Kota Mataram, Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, dan 28 Mei 2024 Kloter 13 Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa. Kloter 10 hingga Kloter 13 ini akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Sementara untuk kepulangan jemaah haji NTB tahun ini dijadwalkan pada 22 Juni 2024 hingga 9 Juli 2024. “Seluruh penerbangan haji embarkasi Lombok dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia menggunakan pesawat jenis Boeing 777-300ER,” ujar Minggus. 

PT Angkasa Pura I Bandara Lombok telah berkoordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait seperti Otoritas Bandara Wilayah IV, Kementerian Agama, TNI/Polri, Perum LPPNPI, Kantor Imigrasi, Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Perum Damri, dan lainnya untuk memastikan penerbangan haji tahun ini berjalan lancar dengan mengedepankan prinsip keselamatan, keamanan, dan pelayanan. 

Dari sisi personel, Bandara Lombok menyiapkan 60 petugas per shift yang terdiri dari petugas Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), Airport Security (Avsec), dan Apron Movement Control (AMC). Selain di bandara, ditempatkan pula 10 personel Avsec beserta peralatan pendukungnya untuk memeriksa keamanan penumpang beserta barang bawaannya di Asrama Haji Lombok, Mataram. 

Bandara Lombok juga melakukan penyesuaian kategori fasilitas ARFF dari kategori 7 menjadi kategori 8 menyesuaikan dengan tipe pesawat yang dilayani pada penerbangan haji kali ini, yaitu Boeing 777-300ER.

"Selain itu, kami telah menyiapkan pula skenario antisipasi apabila terjadi keadaan darurat dan force majeure, delay penerbangan, atau jika terdapat jemaah haji yang mengalami masalah sehingga tidak dapat diberangkatkan. Kami senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik demi mendukung kelancaran perjalanan para calon jemaah haji NTB menuju Tanah Suci hingga nanti kembali ke Tanah Air,” kata Minggus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper