Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi Listrik di Bali Meningkat 12,59% Selama Libur Lebaran

Konsumsi listrik di Provinsi Bali meningkat 12,59% selama periode libur panjang lebaran mulai 3 April - 19 April 2024.
Teknisi melakukan perawatan rutin perbaikan jaringan listrik di Makassar./JIBI-Paulus Tandi Bone
Teknisi melakukan perawatan rutin perbaikan jaringan listrik di Makassar./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, DENPASAR - Konsumsi listrik di Provinsi Bali meningkat 12,59% selama periode libur panjang Lebaran mulai 3 April - 19 April 2024. Hal ini didorong oleh meningkatnya kunjungan wisatawan sehingga berdampak ke pemakaian listrik di hotel, restoran dan fasilitas umum lainnya. 

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana menjelaskan untuk menghadirkan listrik yang andal PLN memastikan pasokan listrik aman dengan turut menghadirkan personel serta peralatan dan armada yang memadai. 

Ketersediaan daya mampu di subsistem Bali pada saat siaga mulai tanggal 3 April sampai dengan 19 April 2024 sebesar 1.371 megawatt (MW), beban puncak tertinggi mencapai 1051,9 MW, sehingga masih terdapat cadangan listrik sebesar 319,1 MW.

"Dibandingkan dengan periode tahun 2023, masa libur Idulfitri 2024, terdapat peningkatan beban hingga 12,59%," jelas Udayana dari siaran pers, Selasa (23/4/2024).

Pada masa siaga lebaran, PLN mempersiapkan petugas sebanyak 657 personel di 69 titik posko siaga dan 3 posko mudik lebaran yang tersebar di seluruh kabupaten/ kota di Bali.

Selain itu, sebanyak 41 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 29 Unit Gardu Bergerak (UGB), 26 Unit Kabel Bergerak (UKB), serta 19 Unit Genset, dan kendaraan pendukung termasuk kendaraan pelayanan teknik dan kendaraan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), serta material cadangan mendukung keandalan selama masa siaga berlangsung.

Selain itu, untuk mendukung pemudik dan wisatawan yang menggunakan kendaraan listrik, PLN juga memastikan 76 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 30 lokasi di Bali telah beroperasi dengan baik.

Aplikasi PLN Mobile juga turut dipastikan dapat memberikan kemudahan bagi pengendara untuk mengecek lokasi SPKLU. Tentu saja pasokan listrik di lokasi prioritas antara lain pelabuhan, bandara, terminal, rumah sakit, serta obyek vital lainnya selalu dipastikan keandalan dan keamanannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper