Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran KUR dan UMi di Bali Tembus Rp1,67 Triliun

KUR dan UMi telah disalurkan ke 21.799 debitur di seluruh Bali, debitur paling banyak berada di Kabupaten Buleleng dengan 3.657 debitur.
Kredit Usaha Rakyat/Istimewa
Kredit Usaha Rakyat/Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR - Penyaluran kredit program di Provinsi Bali yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) mencapai Rp1,67 triliun per 29 Februari 2024. 

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bali, Teguh Dwi Nugroho menjelaskan KUR dan UMi telah disalurkan ke 21.799 debitur di seluruh Bali, debitur paling banyak berada di Kabupaten Buleleng dengan 3.657 debitur. sedangkan penyaluran terbesar terdapat di Kota Denpasar sebesar Rp336 miliar.

"Penyaluran kredit program di Bali terealisasi dengan baik, Penyaluran KUR masih didominasi oleh KUR skema Mikro yang mencapai Rp1,012 triliun untuk 17.347 debitur atau 60,06% dari keseluruhan penyaluran," jelas Teguh melalui live streaming, Kamis (28/3/2024). 

Penyaluran masih didominasi ke sektor perdagangan, dengan persentase 44,4%, kemudian di sektor pertanian 14,9% dan akomodasi makanan dan minuman atau akmamin 11,6%. Teguh juga menyebut pemerintah juga terus berupaya mendorong kinerja sektor usaha melalui perluasan akses pembiayaan terutama bagi UMKM melalui Kredit Program. 

Teguh juga menjelaskan momentum pertumbuhan perekonomian Bali terus berlanjut. Secara yoy, ekonomi Bali pada kuartal IV/ 2023 tumbuh lebih cepat sebesar 5,86% setelah mengalami tren perlambatan pada empat triwulan sebelumnya. Sedangkan untuk inflasi gabungan Bali pada Februari 2024 cukup terkendali yaitu sebesar 0,61% dibandingkan bulan sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi yang terjaga berimplikasi positif terhadap kinerja APBN dan penyaluran pembiayaan atau kredit di Provinsi Bali, termasuk KUR dan UMi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler