Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Api Lewotobi Kembali Erupsi, Pengungsi Bertambah

Erupsi terus menerus dengan tinggi kolom asap 1.500 meter dari pusat erupsi ke arah barat dan barat daya, serta terjadi hujan abu tipis hingga sedang.
Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki./Antara-PVBMG.
Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki./Antara-PVBMG.

Bisnis.com, KUPANG - Pos Pemantau Gunung Api Lewotobi di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, melaporkan Gunung Lewotobi Laki-Laki kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak gunung itu, Sabtu.

“Telah terjadi lagi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Kabupaten Flores Timur pada Sabtu pukul 13.21 WITA,” kata pembuat laporan Herman Yosef S Mboro dalam laporan yang diterima Antara di Kupang, Sabtu (6/1/2024) siang.

Dalam laporan tersebut tercatat bahwa kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas tebal dan condong ke arah barat.

Erupsi itu juga terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47,3 milimeter dan durasi erupsi kurang lebih 20 menit.

“Erupsi masih terjadi saat laporan dibuat,” katanya.

Sementara itu berdasarkan laporan dan pengamatan yang dilakukan sejak pukul 00.00 WITA hingga 06.00 WITA pada Sabtu (6/1) disebutkan bahwa selama periode itu erupsi masih terus terjadi.

Secara visual gunung jelas hingga kabut 0-11. Sementara itu kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dan kelabu intensitas tebal dan tinggi 1.000-1.500 meter di atas puncak kawah.

Selain itu, juga teramati erupsi terus menerus dengan tinggi kolom asap 1.500 meter dari pusat erupsi ke arah barat dan barat daya, serta terjadi hujan abu tipis hingga sedang. Sementara di Pos PGA Lewotobi Laki-Laki tercium belerang dengan intensitas sedang.

Berdasarkan kejadian tersebut PVMBG kemudian mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius tiga kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki serta empat kilometer arah barat laut utara dan selatan-tenggara dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki.

Masyarakat pun diimbau agar tenang dan mengikuti arahan pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Dalam perkembangan lain, satuan Brimob dari Batalion B Pelopor Polda Nusa Tenggara Timur mendirikan dapur umum untuk para pengungsi korban erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur yang hingga kini masih terus erupsi.

Ps Danki Batalion B Pelopor Brimob Polda NTT I Wayan Sukadana dihubungi dari Kupang, Sabtu siang mengatakan bahwa pihaknya mendirikan dua dapur umum.

“Dua dapur umum didirikan di halaman kantor Desa Konga Kecamatan Titehena dan Kantor Camat Wulanggitang,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa saat tiba di lokasi bencana pada Jumat (5/1) pihaknya langsung bergerak cepat mendirikan dapur umum tersebut, mengingat pemerintah daerah setempat masih membutuhkan dapur umum karena jumlah pengungsi terus bertambah.

Usai mendirikan dapur umum, anggota Brimob bersama tim Tagana serta masyarakat setempat melakukan proses penyajian makanan, mulai dari persiapan sayuran, bumbu dapur, hingga memasak nasi dan lauk pauk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler