Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bali Jadi Tujuan Ekspansi Produsen Tekstil

Geliat pariwisata pasca pandemi membuat banyak lapangan usaha kembali hidup mulai dari akomodasi, restoran hingga usaha oleh-oleh kaos khas Bali.
Nirwana Textile Fabric Outlet yang berada di  Kota Denpasar, Bali. Outlet ini merupakan cabang ketiga dari Nirwana Textile & Garment./Ist
Nirwana Textile Fabric Outlet yang berada di Kota Denpasar, Bali. Outlet ini merupakan cabang ketiga dari Nirwana Textile & Garment./Ist

Bisnis.com, DENPASAR – Bergeliatnya industri pariwisata pasca pandemi membuat banyak lapangan usaha kembali hidup mulai dari akomodasi, restoran hingga usaha oleh-oleh kaos khas Bali

Produksi baju oleh-oleh yang tinggi di Bali menjadi daya tarik bagi produsen besar untuk melakukan ekspansi ke Bali dengan membuka outlet atau kantor cabang di Bali. Salah satu produsen tekstil yang membuka cabang di Bali yakni Nirwana Textile & Garment. Perusahaan yang berpusat di Bandung ini mulai membuka cabang Oktober 2023 dengan membuka outlet baru di Kota Denpasar. 

Presiden Direktur Nirwana Textile, Alex Ferdian Santoso menjelaskan, keputusannya membuka outlet baru di Pulau Dewata karena potensi pasar Bali yang besar dan perlu dioptimalkan. Sebelum membuka outlet, Nirwana sudah memiliki  beberapa pelanggan tetap, terutama dari konveksi ternama yang memproduksi baju oleh-oleh di Bali.

Nirwana juga menargetkan outlet di Bali akan menjadi outlet cabang terlengkap dengan menyediakan berbagai varian kain yang bisa diakses langsung oleh konsumen.

”Bali merupakan cabang ketiga kami setelah kami membuka cabang di Bandung dan Yogyakarta. Dengan outlet ini kami ingin fokus dengan customer kami yang ada di Bali, sebelumnya memang kami sudah memiliki customer dari Bali, baik yang kecil maupun besar,” jelas Alex, Senin (23/10/2023). 

Dari catatan Alex, produsen kaos oleh-oleh di Bali yang sudah mengambil bahan dari Nirwana antara lain Jogger, Quiksilver, dan beberapa konveksi lainnya. Alex juga menyebut keberadaannya di Bali untuk membangun kolaborasi dengan pelaku UMKM di bidang konveksi. Menurut Alex, Nirwana ingin membawa UMKM di Bali menggunakan kain berkualitas yang kelas dunia, sehingga kualitas produk UMKM Bali juga naik di mata konsumen atau wisatawan. 

Pengalaman Nirwana menyediakan kain ke brand-brand ternama yang saat ini menguasai pasar pakaian bisa ditularkan melalui kolaborasi antara Nirwana dan UMKM.

Menurut Alex, kain yang tersedia di toko yang banyak digunakan sebagian besar masih standar lokal, sehingga masih kalah dengan brand luar yang sudah menggunakan bahan yang sudah standar internasional. Dalam kolaborasi, Nirwana juga menggandeng komunitas - komunitas konveksi. Nirwana juga memudahkan pelaku UMKM untuk mendapatkan bahan dengan harga yang kompetitif dan berkualitas.

Salah satu yang diperkenalkan Nirwana kepada komunitas konveksi adalah varian warna tekstil yang sangat beragam yang sudah diproduksi Nirwana. Hingga saat ini Nirwana sudah menyediakan lebih dari 100 varian warna yang dapat dimanfaatkan UMKM mengkreasikan produknya sehingga lebih menarik bagi wisatawan.

“Kolaborasi dengan UMKM ini sangat penting, karena kami tahu produksi-produksi kaos di toko oleh-oleh banyak ditopang oleh UMKM. Jika UMKM menggunakan kain kelas internasional yang kami sediakan, harapannya wisatawan juga membawa pulang oleh-oleh kaos yang kelas internasional,” ujar Alex. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler