Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bali Bentuk Satgas Pencegahan Penyakit Menular

Pemerintah Provinsi Bali mewaspadai penyebaran penyakit zoonosis atau penyakit menular dari hewan ke manusia.
Rabies/kemenkes
Rabies/kemenkes

Bisnis.com, DENPASAR – Pemerintah Provinsi Bali mewaspadai penyebaran penyakit zoonosis atau penyakit menular dari hewan ke manusia. Penyakit ini disebabkan oleh mikroorganisme parasit seperti bakteri, virus, jamur hingga cacing.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali I Made Rentin menjelaskan salah satu penyakit menular yang diwaspadai yakni rabies yang banyak disebabkan oleh gigitan anjing ke manusia. Dinas Kesehatan Provinsi Bali saja mencatat ada 300 kasus rabies di Bali hingga Juni 2023.

Kasus rabies di Bali juga menyebabkan kasus kematian, setidaknya ada empat kasus kematian yang tercatat. Munculnya kasus ini juga dinilai akan berdampak buruk terhadap pariwisata Bali yang sedang bergeliat, sehingga perlu pencegahan lebih optimal dan berkelanjutan.

Untuk mencegah penularan dan meminimalisir resiko kematian akibat penyakit tersebut, Pemprov Bali membentuk Tim Koordinasi Daerah Pencegahan dan Pengendalian Zoonosis dan Penyakit Infeksius Baru Provinsi Bali telah diatur melalui SK Gubernur Bali No. 248/03-B/HK/2023 yang terdiri dari beberapa kelompok kerja antara lain kelompok kerja surveilans berbasis masyarakat (Pokja SBM), kelompok kerja surveilans terpadu, kelompok kerja komunikasi, informasi dan edukasi (Pokja KIE) dan tim respons cepat (TRC).

Menurut  Rentin, Tim koordinasi daerah ini dilatarbelakangi atas pandemi Covid-19 yang telah menurunkan kinerja penanggulangan penyakit menular di Provinsi Bali.

“Kami menilai perlu dibentuk tim koordinasi daerah pencegahan dan pengendalian zoonosis dan penyakit infeksius baru. Sangat penting dilakukan mengingat besarnya jumlah angka kesakitan dan kematian penyakit menular yang berdampak pada kehidupan masyarakat bali,” ujar Rentin.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom menjelaskan Satgas ini mengadopsi dari Satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dinilai optimal dalam menurunkan kasus PMK di Bali. Anggota Satgas ini  berasal dari unsur OPD Pemprov Bali serta lintas OPD lainnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper