Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Misi Luar Negeri Western Australia Kunjungi Bali

Bali dan Surabaya menjadi daerah yang dituju dalam lawatan misi luar negeri pertama Pemerintah Australia Barat
Tim misi luar negeri Western Australia. Bisnis/istimewa
Tim misi luar negeri Western Australia. Bisnis/istimewa

Bisnis.com, DENPASAR—Bali dan Surabaya menjadi daerah yang dituju dalam lawatan misi luar negeri pertama Pemerintah Australia Barat pimpinan Premier Western Australia Roger Cook.

Sebanyak 130 perwakilan penting pemerintah, dan dunia usaha dari Pemerintah Western Australia turut dibawa dalam misi yang fokus utama pada hasil investasi dan perdagangan pada transisi energi, industri kreatif dan ekonomi digital, pendidikan internasional, industri primer dan pariwisata tersebut. Cook mengatakan misi perdagangan bersejarah ke Indonesia ini sebagai misi pertamanya dalam kapasitas Premier Western Australia.  

Misi ini dianggap sebagai “misi besar” karena jumlah delegasi yang terlibat belum pernah terjadi sebelumnya. Misi ini telah dimulai di ibu kota Indonesia, Jakarta, dan melibatkan lebih dari 130 perwakilan penting Pemerintah dan dunia usaha. Cook melibatkan tiga anggota cabinet yakni, Menteri Kebudayaan dan Seni, Olahraga dan Rekreasi, Pendidikan Internasional, dan Warisan David Templeman; Menteri Pertambangan dan Perminyakan, Energi, Industri Hidrogen, dan Hubungan Industri Bill Johnston, dan Menteri Pertanian dan Pangan, Kehutanan, dan Bisnis Kecil Jackie Jarvis.

 “Misi dagang bersejarah ke Indonesia ini merupakan misi luar negeri pertama saya sebagai Premier, dan hal ini memainkan peran penting dalam masa depan Western Australia dan khususnya rencana kami untuk mendiversifikasi perekonomian kami,” jelasnya dikutip dari siaran pers, Jumat (8/9/2023).

Cook menegaskan Indonesia adalah mitra yang diakui dan dipercaya dan oleh karena itu penting bagi bagi pemerintah Western Australia mencari cara-cara baru untuk memperdalam hubungan Indonesia. Termasuk yang memberikan peluang investasi dan lapangan kerja lokal. Menurutnya, misi adalah kesempatan luar biasa untuk bertemu dengan para pelaku industri di seluruh Indonesia, salah satu tetangga terdekat dan paling berharga.

Roadshow ini menerima sejumlah besar permohonan. Mereka yang terpilih melalui proses ekspresi minat yang kompetitif, dan mencakup delegasi dari usaha kecil, menengah dan besar. Pertemuan B2B (business to business) yang disesuaikan dan relevan akan diadakan untuk semua delegasi. Premier Roger Cook menambahkan dengan banyaknya permohonan, permintaan untuk menjadi bagian dari misi ini sangat besar dan menunjukkan pentingnya hubungan ekonomi dengan Indonesia. Adapun Surabaya dan Denpasar menjadi kota-kota penting yang dikunjungi delegasi selama misi seminggu tersebut, dengan masing-masing lokasi memiliki fokus spesifik. 

Sebagai gambaran, hubungan Western Australia dengan Indonesia merupakan pendorong perekonomian utama kedua wilayah. Western Australia mengekspor barang ke Indonesia senilai AUD3,8 miliar pada 2022, di atas rata-rata tahunan sebesar AUD2,3 miliar selama 10 tahun terakhir. Western Australia menyumbang seperempat dari total perdagangan barang Australia menyumbang 30 persen ekspor barang Australia ke Indonesia pada 2022. Indonesia adalah mitra dagang penting Western Australia, dengan nilai perdagangan barang senilai AUD4,6 miliar pada tahun lalu. Ekspor minyak bumi ke Indonesia meningkat 16 persen menjadi AUD1,2 miliar pada tahun 2022. 

1694172626_28b31087-5ed9-45a8-8e5b-11b79fcc695e.
1694172626_28b31087-5ed9-45a8-8e5b-11b79fcc695e.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Feri Kristianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper