Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Hibahkan 200.000 Vaksin Rabies ke Bali

Vaksin tersebut akan difokuskan mempercepat vaksinasi di kawasan dengan kasus rabies tinggi seperti di kabupaten Buleleng, Jembrana, Badung, dan Karangasem.
Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (kanan) menerima plakat pemberian vaksin rabies dari Konsul Jenderal Australia di Bali, Anthea Griffin (kiri). bisnis/istimewa
Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (kanan) menerima plakat pemberian vaksin rabies dari Konsul Jenderal Australia di Bali, Anthea Griffin (kiri). bisnis/istimewa

Bisnis.com, DENPASAR – Pemerintah Australia memberikan bantuan 200.000 vaksin rabies untuk mempercepat penanggulangan rabies di Bali.

Bantuan vaksin tersebut diberikan oleh Departemen Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia (DAFF) melalui Badan Organisasi Dunia bagi Kesehatan Hewan (WOAH). Vaksin tersebut akan difokuskan mempercepat vaksinasi di kawasan dengan kasus rabies tinggi seperti di kabupaten Buleleng, Jembrana, Badung, dan Karangasem.

Konsul Jenderal Australia di Bali, Anthea Griffin mengatakan bahwa kerjasama di bidang kesehatan hewan antara Australia dan Indonesia memang sudah lama terjalin dengan baik dan Australia sangat mendukung Indonesia dalam pengentasan Rabies. Griffin menyebut pemerintah Australia turut berduka cita atas kasus meninggal akibat rabies. Australia berharap hibah 400.000 vaksin rabies dari Australia dapat memaksimalkan Pemerintah Indonesia dalam menekan kasus rabies. 

Khususnya Bali yang mendapat bantuan 200 ribu vaksin rabies tahun 2023 dan nanti 2024 akan mendapat bantuan kembali 200 ribu vaksin, dapat dimanfaatkan dan didistribusikan dengan baik ke masyarakat.

“Kami berharap kasus rabies di Bali cepat teratasi, kami terus berkomitmen memperkuat kerjasama kedua negara di bidang kesehatan yang memang sudah lama terjalin,” jelas Griffin dikutip dari siaran pers, Rabu (16/8/2023).

Sementara itu Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, menjelaskan saat ini juga telah dibentuk Tim Siaga Rabies (TISIRA) di empat kabupaten yakni di Kabupaten Buleleng sebanyak 147 desa dan satu Kelurahan, kabupaten Jembrana sebanyak 18 Desa, Karangasem sebanyak 41 desa, Badung sebanyak satu desa. Pembentukan TISIRA merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Provinsi Bali dengan Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) untuk mendukung upaya percepatan pemberantasan rabies di Provinsi Bali.

Pada 2023 pemerintah Provinsi Bali mengalokasikan 480.000 dosis vaksin rabies. Total Cakupan Vaksinasi rabies pada HPR di Provinsi Bali sampai hari ini telah mencapai 70 persen dan sesuai dengan komitmen bersama bahwa tahun 2024 tidak ada lagi timbul korban jiwa akibat Rabies.

“Berbagai upaya dan strategi telah dilakukan dalam percepatan pemberantasan rabies di seluruh kabupaten dan kota se-Bali antara lain edukasi, vaksinasi mulai dari vaksinasi massal, emerging vaksinasi, sweeping atau penyisiran, kemudian kami juga melakukan eliminasi, pengawasan lalu lintas HPR, Surveilans dan kontrol populasi, namun sampai saat ini belum dapat dibebaskan dari Pulau Bali.Keenam strategi tersebut berjalan secara utuh dan simultan serta berkesinambungan,” jelas Cok Ace.

Provinsi Bali pada awalnya merupakan salah satu daerah yang secara historis bebas rabies, namun sejak munculnya kasus rabies pada 28 November 2008 di desa Pecatu, Kuta Selatan, kabupaten Badung merubah status Bali menjadi daerah tertular rabies di Indonesia yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor 1637 Tahun 2008, tertanggal 1 Desember 2008. Penyakit Rabies dengan cepat menyebar ke Denpasar dan akhirnya tahun 2009 rabies sudah menyebar ke seluruh kabupaten/kota se Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper