Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pertumbuhan Pengusaha Baru di Bali Terkendala

Anak-anak muda banyak yang memiliki ide cemerlang, punya rencana bisnis yang bagus tetapi kendalanya modal.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 19 Januari 2023  |  09:46 WIB
Pertumbuhan Pengusaha Baru di Bali Terkendala
Lambang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia. - Ist
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR – Pertumbuhan pengusaha muda baru di Bali masih terkendala akses permodalan karena syarat perbankan masih belum ramah bagi pengusaha baru.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bali, Agus Pande Widura, menjelaskan potensi pengusaha muda Bali sangat besar terutama dari mahasiswa di perguruan tinggi maupun para fresh graduate yang baru menyelesaikan studinya. Tetapi potensi besar tersebut masih sulit berkembang menjadi pengusaha baru karena masih terkendala akses modal.

“Anak-anak muda banyak yang memiliki ide cemerlang, punya rencana bisnis yang bagus tetapi kendalanya modal. Mereka mau akses modal di bank, tetapi bank baru berani memberikan modal bagi pengusaha yang usahanya belum jalan atau belum memiliki histori usaha, jadi susah bagi anak-anak muda memulai usaha,” jelas Agus kepada Bisnis, Rabu (18/1/2023).

Menurut Agus, jika generasi muda ini akan dibiarkan maka target Indonesia untuk mencapai Indonesia emas akan sulit tercapai karena tidak banyak pengusaha baru dari generasi muda. Padahal untuk mencapai Indonesia emas, Indonesia setidaknya harus memiliki 4 persen pengusaha dari 270 juta penduduknya.

Adanya program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari pemerintah juga tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah karena untuk mendapatkan kredit KUR bagi perbankan pun membutuhkan berbagai macam syarat seperti jaminan kredit hingga usaha yang sudah jalan. Program KUR pun belum berani memberikan modal bagi calon pengusaha yang belum histori bisnis yang jelas.

Sebagai terobosan untuk para pengusaha muda, HIPMI Bali sedang membangun skema bersama perbankan dengan menyalurkan dana CSR kepada calon pengusaha pengusaha yang sudah rencana usaha yang bagus dan berpotensi untuk maju di masa yang akan datang.

“Bank punya dana CSR, itu bisa disalurkan ke anak-anak muda ini, misalnya dengan skema pinjaman ringan yang bunganya hanya 1-2 persen, kita kontrol kinerjanya, perkembangan usahanya. Kami optimistis jika terealisasi akan banyak pengusaha baru yang muncul,” ujar Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali hipmi pengusaha muda
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top