Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok Bakal Direvitalisasi

Banyak jenis ikan yang didaratkan di Pelabuhan ini antara lain ikan dengan kualitas ekspor seperti ikan tuna, cakalang, marlin.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 13 Januari 2023  |  16:39 WIB
Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok Bakal Direvitalisasi
Tampak PPI Labuhan Lombok. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bakal merevitalisasi Pelabuhan Perikanan atau Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Labuhan Lombok pada 2023 untuk meningkatkan aktivitas perikanan di NTB. Pemprov NTB telah menyiapkan anggaran Rp8,5 miliar untuk melakukan penataan.

PPI Labuhan Lombok yang berada di Lombok Timur merupakan Pelabuhan Perikanan terbesar di NTB. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, Muslim, menjelaskan nilai transaksi di PPI Labuhan Lombok mencapai Rp2 miliar per hari. Pelabuhan Perikanan ini disinggahi oleh berbagai kapal ikan dengan berbagai jenis ukuran mulai dari dibawah 50 GT hingga di atas 50 GT.

Banyak jenis ikan yang didaratkan di Pelabuhan ini antara lain ikan dengan kualitas ekspor seperti ikan tuna, cakalang, marlin. Kapal yang hilir mudik setiap hari mencapai 25 kapal dan diproyeksikan akan bertambah banyak jika dermaga sudah diperpanjang.

Pemprov NTB akan melakukan perpanjangan dermaga PPI Labuhan Lombok untuk menambah daya tampung kapal yang masuk melakukan bongkar muat ikan. “Pada 2023 ini kami akan melakukan penguatan infrastruktur di PPI Labuhan Lombok, karena aktivitas kapal di sana tinggi sekali sehingga perlu perpanjangan dermaga,” jelas Muslim kepada Bisnis dikutip, Kamis(12/1/2023).

Selain melakukan penataan fisik, Pemprov juga akan menata kawasan pelabuhan termasuk juga manajemen sehingga keluar masuk kapal, parkir kapal bisa lebih tertib dan terdata dengan baik. Harapannya retribusi daerah juga akan ikut meningkat seiring dengan peningkatan layanan yang diberikan Pemerintah.

Selain menata PPI Labuhan Lombok, Pemprov NTB juga telah menata PPI Tanjung Luar, Lombok Timur dengan revitalisasi infrastruktur Pelabuhan dan tata kelola Pelabuhan. Dengan tata kelola Pelabuhan Perikanan yang lebih baik di 2023, Muslim berharap ekspor perikanan juga bisa meningkat dan bisa langsung dilakukan dari NTB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lombok ntb perikanan pelabuhan
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top