Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Polemik Pasal Kumpul Kebo, Gubernur Koster Angkat Suara

Gubernur Bali, Wayan Koster menjelaskan pemerintah tetap menghormati keberadaan wisatawan yang datang ke Bali baik wisatawan domestik maupun mancanegara.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 12 Desember 2022  |  16:44 WIB
Polemik Pasal Kumpul Kebo, Gubernur Koster Angkat Suara
Gubernur Bali Wayan Koster. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR – Undang-undang KUHP yang disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dinilai tidak akan memberi dampak negatif terhadap pariwisata Bali.

Gubernur Bali, Wayan Koster menjelaskan pemerintah tetap menghormati keberadaan wisatawan yang datang ke Bali baik wisatawan domestik maupun mancanegara atau wisman, termasuk menghormati privasi wisatawan tersebut.

“Kami tetap menghormati wisatawan yang datang ke Bali secara profesional, sopan santun sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Bali sejak dulu. Adanya pasal perzinahan UU KUHP tersebut bukan untuk mengganggu privasi wisatawan yang sedang berlibur ke Bali seperti yang selama ini menjadi polemik,” jelas Koster dalam keterangan resminya, Senin (12/12/2022)

Menurut Koster UU KUHP tidak secara spesifik mengatur soal seks pranikah. Pasal 411 KUHP mengatur tentang perzinaan dan Pasal 412 KUHP mengatur tentang hidup bersama sebagai suami-istri di luar perkawinan.

Kedua ketentuan tersebut bukan dikualifikasikan sebagai delik umum yang pelakunya secara serta merta dapat ditangkap dan/atau dituntut, melainkan merupakan delik aduan yang hanya dapat dituntut jika ada yang mengadukan. Adapun yang mengadukan pun harus orang yang memiliki hubungan pernikahan atau orang tua dari salah satu pelaku.

Wisatawan diminta tidak takut berlibur ke Bali karena tidak ada perubahan kebijakan Pemprov Bali terhadap wisatawan. Wisatawan yang menginap di hotel tidak akan dilakukan pemeriksaan soal status perkawinan atau hubungan mereka. Pengelola akomodasi dari hotel hingga villa juga menjamin kerahasiaan data para tamunya sehingga tidak mengganggu liburan mereka selama di Bali.

“Kami meminta wisatawan tidak ragu berlibur di Bali, tidak ada perubahan kebijakan dari pemerintah, Bali tetap ramah bagi wisatawan. Kami menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan selama berada di Bali. Tidak ada sweeping maupun jenis pemeriksaan lainnya,” kata Koster.

Koster juga menegaskan jika tidak benar adanya pembatalan penerbangan ke Bali setelah disahkannya UU KUHP. Justru tren kedatangan penumpang mancanegara dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai meningkat pada Desember 2022 dan diproyeksikan semakin meningkat jelang Natal dan Tahun Baru 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

RUU KUHP RKUHP bali Pariwisata
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top