Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belu Ekspor Ikan Hias 1.415 Ekor ke Timor Leste

Ada kurang lebih 11 jenis ikan hias yang diekspor ke bekas negara yang pernah masuk dalam provinsi ke-27 di Indonesia itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Oktober 2022  |  12:25 WIB
Belu Ekspor Ikan Hias 1.415 Ekor ke Timor Leste
Ilustrasi.
Bagikan

Bisnis.com, KUPANG - Kabupaten Belu, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk pertama kalinya mengekspor 1.415 ekor ikan hias ke Timor Leste melalui Pos Lintas Batas Negara Terpadu (PLBNT) di Mota Ain kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

"Totalnya ada 1.415 ekor ikan hias dengan berat 136 kilogram dengan berbagai jenis ikan hias," kata Kepala Bea Cukai Atambua, I Made Aryana dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Kupang, Rabu (19/10/2022) pagi.

Dia menjelaskan bahwa ada kurang lebih 11 jenis ikan hias yang diekspor ke bekas negara yang pernah masuk dalam provinsi ke-27 di Indonesia itu.

Belasan jenis ikan hias itu antara lain, ikan Cupang, Zebra, Koi, Koki, Guppi, Green Tetra, Sumatra, Komet, Moli, Synodontis, dan Manfish.

“Manifest darat sudah dipenuhi, PEB sudah diserahkan dan sudah NPE, proses INSW sudah diterima, segala perizinan telah dipenuhi, semua sudah legal," ujar dia.

Dia menambahkan ekspor perdana ikan hias ini adalah hasil kerjasama Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Atambua dengan Badan Karantina Ikan dan Pengendali Mutu Keamanan Hasil Perikanan Kupang Wilayah Kerja Atambua.

Menurut Made, ekspor perdana ikan hias ini, sejalan dengan tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai trade facilitator dan industrial assistance yang gencar memberikan asistensi, sosialisasi, dan pelayanan ekspor kepada para pelaku usaha khususnya UMKM di berbagai daerah.

Dia menjelaskan, Bea Cukai Atambua melalui Tim Klinik Ekspor mempunyai tugas utama untuk mendorong peningkatan minat dan jumlah eksportir melalui penyediaan media konsultasi, pelaksanaan sosialisasi, dan asistensi kegiatan kepabeanan khususnya bidang ekspor.

Dan lanjut Made, Bea Cukai selalu bersinergi dengan berbagai pihak terkait untuk mendorong dan mewujudkan kegiatan ekspor dari wilayah kerja Kantor Pelayanan Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Atambua.

"Hal ini dilakukan untuk mendorong peningkatan ekspor komoditas daerah yang pada akhirnya akan membantu mendukung peningkatan ekonomi nasional," ucapnya.

Lebih lanjut saat dikonfirmasi lebih lanjut kata dia, ekspor perdana ini nilainya baru mencapai US$790,5. Namun Made mengatakan bahwa ekspor ini adalah ekspor perdana. Nantinya untuk selanjutnya kata dia, dalam dua pekan akan ada dua kali pengiriman ikan hias ke Timor Leste.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikan hias nusa tenggara timur

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top