Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hotel di Bali Mulai Serap Komoditas Lokal

Penyerapan komoditas lokal yang dilakukan oleh hotel akan menggeliatkan UMKM Bali yang masih dalam tahap pemulihan.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 01 September 2022  |  19:37 WIB
Hotel di Bali Mulai Serap Komoditas Lokal
Pedagang menunjukkan telur. - Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR – Hotel di Bali mulai menyerap komoditas lokal untuk memenuhi kebutuhan makanan dan minuman tamu seiring dengan mulai datangnya wisatawan mancanegara dan domestik untuk berwisata.

Salah satu hotel di Bali, Marriott Group kembali menyerap komoditas lokal melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Perumda Dharma Santika Tabanan, Koperasi Lembaga Ekonomi Pemberdayaan Pesisir (LEPP) Mina Segara Klungkung, dan UMKM di bawah binaan Bank Indonesia.

Sejak 2021, Marriott Group telah menyerap 61,6 ton beras lokal, 767.000 telur lokal untuk memenuhi kebutuhan restoran hotel milik Marriott Group. Selain beras dan telur, Marriot juga menyerap sayur dan buah lokal dari Tabanan, kemudian garam hingga produk fesyen seperti kain endek juga diambil dari pelaku UMKM Bali.

Kepala Perwakilan BI Bali, Trisno Nugroho, menjelaskan penyerapan komoditas lokal yang dilakukan oleh hotel akan menggeliatkan UMKM Bali yang masih dalam tahap pemulihan. “UMKM tidak lagi khawatir dengan distribusi produk, karena sudah ada hotel yang menyerap, dan PKS ini kami akan monitor terus perkembangannya,” jelas Trisno dalam siaran pers, Kamis (1/9/2022).

Pelaku usaha yang produknya diserap oleh hotel diminta untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan sehingga penyerapan bisa dilakukan secara berkelanjutan, dan komoditas yang diserap semakin bertambah.
Gubernur Bali, Wayan Koster, menjelaskan upaya hotel untuk menyerap komoditas lokal akan berdampak terhadap petani, nelayan hingga pengrajin di Bali.

“Kami mendorong hotel untuk mengoptimalkan produk lokal agar pemulihan di sektor pendukung pariwisata bisa terealisasi. Saat ini arus wisatawan ke Bali belum memberikan manfaat ke masyarakat Bali, hal itu tercermin dari minimnya porsi sektor usaha di luar pariwisata terhadap PDRB Bali,” ujar Koster. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali perhotelan
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top