Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei BI: Kinerja Penjualan Ritel Bali Meningkat pada Juni 2022

Meningkatnya penerbangan internasional ke Bali pada Juni turut mendongkrak kinerja penjualan ritel.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 31 Juli 2022  |  14:15 WIB
Survei BI: Kinerja Penjualan Ritel Bali Meningkat pada Juni 2022
Penumpang melintas di dekat layar informasi penerbangan di Terminal Keberangkatan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. - Antara/ Fikri Yusuf.

Bisnis.com, DENPASAR – Kinerja penjualan ritel Provinsi Bali pada Juni 2022 diproyeksikan membaik seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Bali.

Survei penjualan eceran yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) Provinsi Bali pada Juni 2022 tumbuh 0,71 persen menjadi 93,16 (mtm). Tumbuhnya IPR Bali mencerminkan kinerja penjualan ritel membaik.

Peningkatan penjualan terjadi pada kelompok barang budaya dan rekreasi, dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor yang tercatat tumbuh sejumlah 3,1 persen. Kepala Perwakilan BI Bali, Trisno Nugroho, menjelaskan, meningkatnya penjualan ritel khususnya dua kelompok barang tersebut dampak dari bergeliatnya sektor pariwisata Bali pada Juni 2022.

“Selain itu, semakin banyaknya event skala nasional dan internasional di Bali seperti event G20, kemudian meningkatnya penerbangan internasional ke Bali pada Juni turut mendongkrak kinerja penjualan ritel, ini diharapkan terus tumbuh hingga akhir 2022,” jelas Trisno dalam keterangan resminya, Minggu (31/7/2022).

Sebagai informasi, pergerakan penumpang di Bandara Internasional Ngurah Rai tercatat sejumlah 745.528 orang penumpang domestik dan 365.465 orang penumpang internasional. 90 persen dari penumpang internasional merupakan wisatawan mancanegara dari beberapa negara seperti Australia, India dan United Kingdom. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali ritel
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top