Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Implementasikan QRIS, NTB Bidik Pajak Kendaraan Rp546 Miliar

Hadirnya QRIS di gerai pembayaran pajak diharapkan dapat memenuhi target penerimaan pajak hingga 100 persen.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  09:18 WIB
Implementasikan QRIS, NTB Bidik Pajak Kendaraan Rp546 Miliar
Launching implementasi QRIS untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB, Senin (18/7/2022). - Ist

Bisnis.com, DENPASAR – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mulai mengimplementasikan alat pembayaran QRIS untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) guna mengejar target penerimaan Rp546 miliar pada 2022.

Implementasi QRIS dilakukan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKB) antara Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) NTB, Direktorat Lalu Lintas Polda NTB, Jasa Raharja, dan Bank NTB Syariah di Kantor Perwakilan Bank Indonesia pada Senin (18/7/2022).

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, menjelaskan hadirnya QRIS di gerai pembayaran pajak diharapkan dapat memenuhi target penerimaan pajak hingga 100 persen. Hingga Juli 2022, target penerimaan dari PKB baru 44 persen dari Rp546 miliar yang ditargetkan.

“PKB merupakan salah satu komponen pajak daerah yang paling dominan bagi PAD NTB, terdapat 1,7 juta wajib pajak dari PKB, adanya QRIS kami harapkan bisa meningkatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” ujar Zul dari rilis, Senin (18/7/2022).

Sementara itu, hingga Mei 2022 terdapat 163.109 merchant QRIS yang ada di NTB, dengan jumlah pengguna 100.351 orang, dengan rata-rata volume transaksi dalam dua tahun terakhir sejumlah 144 ribu transaksi per bulan.

Kepala BI NTB, Heru Saptaji, menjelaskan QRIS hadir untuk memudahkan masyarakat NTB membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus membawa uang tunai ke gerai samsat.

“Bank Indonesia menyediakan QRIS untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era ekonomi digital, kami harap pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui QRIS bisa meningkatkan PAD NTB,” ujar Heru. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

QRIS ntb Bank Indonesia
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top