Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kontribusi Gojek ke Ekonomi Bali Pada 2020 Ditaksir Rp9 Triliun

Di Bali terdapat 3.600 UMKM di Bali sebagai seller dari Tokopedia yang menggunakan layanan gosend
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 08 Juli 2022  |  09:38 WIB
Kontribusi Gojek ke Ekonomi Bali Pada 2020 Ditaksir Rp9 Triliun
Walaupun sudah divaksin, tetap jaga protokol kesehatan. - Gojek

Bisnis.com, DENPASAR—Kontribusi Gojek terhadap perekonomian Bali ditaksir mencapai Rp9 Triliun atau setara dengan 4,2 persen Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Bali pada 2020.

Head Regional Corporate Affairs Gojek, Alfianto Domy Aji, menjelaskan kontribusi tersebut merupakan pencapaian Gojek pada 2020 saat pandemi di Bali sedang berlangsung.

“Tentu ini merupakan kinerja positif yang terus kami tingkatkan, dimana kehadiran gojek di Bali melibatkan UMKM,” jelas Domy di Denpasar pada Kamis (7/7/2022).

Layanan GoSend, menjadi salah satu layanan yang paling banyak dimanfaatkan oleh UMKM, pada 2021 saat pandemic di Bali berlangsung, UMKM yang memanfaatkan Gosend untuk mengantar produknya ke konsumen meningkat dua kali lipat.

“Pada 2021, jumlah UMKM yang menggunakan layanan gosend meningkat signifikan, karena memang UMKM maupun konsumen merasa lebih hemat dan cepat dengan pengiriman barang, dan ongkos kirim yang terjangkau sangat menguntungkan bagi UMKM,” ujarnya.

Bergabungnya Tokopedia juga turut memacu transaksi gosend, transaksi digital gosend dari tokopedia semakin mengalami peningkatan.

“Di Bali terdapat 3600 UMKM di Bali sebagai seller dari Tokopedia yang menggunakan layanan GoSend,” ungkapya.

Dia menjelaskan, hasil riset Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyebutkan 80 persen konsumen Gojek di Bali selalu memanfaatkan layanan GoSend. Riset tersebut menunjukan kepercayaan konsumen terhadap GoSend tinggi.

Secara nasional Gojek menargetkan pada 2024 sejumlah 30 juta UMKM yang akan bergabung dengan Gojek, dan memanfaatkan Gosend untuk layanan antar produk mereka. Saat ini sudah 17 juta UMKM di seluruh Indonesia yang bergabung dengan Gojek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gojek bali
Editor : Feri Kristianto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top