Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan Mobil di Bali Meningkat 35 Persen

Bergeliatnya sektor pariwisata menjadi faktor utama meningkatnya penjualan mobil.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 22 Juni 2022  |  13:14 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, DENPASAR – Bergeliatnya ekonomi Bali setelah hidupnya sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19 ikut meningkatkan penjualan mobil baru.

Branch Manager Auto2000 Denpasar, Suprayogi, menjelaskan sepanjang 2022 penjualan mobil meningkat 35 persen jika dibandingkan dengan 2021. Jumlah kendaraan yang sudah terjual hingga Mei 2022 mencapai 1000 unit.

“Dalam satu bulan kendaraan yang terjual 200 unit, meningkat dibanding 2021 yang penjualannya masih kisaran 140 unit kendaraan per bulan,” jelas Suprayogi kepada Bisnis, Rabu (22/6/2022).

Bergeliatnya sektor pariwisata menjadi faktor utama meningkatnya penjualan mobil, sektor pariwisata mendorong sektor lain seperti transportasi ikut bergerak karena kebutuhan wisatawan dengan kendaraan.

“Penjualan kami bisa meningkat tidak lepas dari bergeraknya kembali pariwisata Bali. Saat ini bisa dilihat Bali sudah ramai dengan wisatawan yang datang dari bandara maupun pelabuhan," jelasnya.

Menurutnya orang yang dulunya menjual mobil atau mobilnya dicabut leasing saat pandemi, sekarang membeli mobil lagi karena kebutuhan pekerjaan. Kemudian anak sekolah juga mulai belajar offline, jadi orang tuanya butuh mobil untuk mengantar anak sekolah.

Puncak penjualan tertinggi diproyeksikan terjadi pada November dan Desember 2022, karena pada akhir tahun banyak pegawai atau karyawan mendapatkan bonus akhir tahun dan dialokasikan untuk membeli mobil.

“Penjualan tertinggi biasanya November dan Desember, disitu banyak yang mendapat bonus. Penjualan kami menurun biasanya saat momen hari raya galungan, Lebaran, karena hari efektifnya sedikit dan banyak libur sehingga waktu penjualan menjadi berkurang,” kata dia.

Yogi optimistis penjualan mobil hingga akhir tahun tetap tinggi seiring dengan semakin bergeliatnya ekonomi Bali. “Kami tetap optimis hingga akhir tahun penjualan tinggi dibanding 2021 lalu,” ungkapnya.

Bergeliatnya pariwisata Bali terjadi setelah penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dibuka kembali dan syarat penerbangan semakin dilonggarkan oleh pemerintah.

Data dari Angkasa Pura I mencatat total jumlah penumpang sepanjang Juni 2022 mencapai 728.703 orang dengan rincian penumpang domestik 489.305 dan penumpang internasional 239.398 orang. Rata-rata penumpang di bandara Ngurah Rai mencapai 11.400 orang per hari. (C211)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali mobil kendaraan auto 2000 penjualan kendaraan
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top