Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLTU Sambelia 100 MW Ditargetkan Beroperasi 2022

Saat bisa beroperasi maka mendukung sistem kelistrikan Lombok khususnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 26 Januari 2022  |  12:43 WIB
Progres pembangunan PLTU Sambelia, Lombok Timur. - Istimewa
Progres pembangunan PLTU Sambelia, Lombok Timur. - Istimewa

Bisnis.com, MATARAM - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lombok Fast Track Program (FPT) Sambelia berkapasitas 100 MW ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada 2022 untuk mendukung sistem kelistrikan Lombok.

PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara menyebutkan progress pembangunan hingga saat ini mencapai 78,31 persen. Pada 2021 pembangunan yang sudah dilakukan meliputi instalasi steam drum lifting atau rangka penampung air pada boiler. Saat ini sedang dilakukan persiapan untuk melakukan boiler hydrotest, boiler, electromechanical atau turbin dan generator dan juga pekerjaan pra pengujian pada instalasi Water Treatment Plant (WTP).

General Manager UIP Nusa Tenggara Josua Simanungkalit menjelaskan pada 2022 PLTU Sambelia sudah bisa beroperasi dan mendukung sistem kelistrikan Lombok khususnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"PLTU Sambelia ini bagian dari FTP 35.000 MW untuk memenuhi kebutuhan listrik masyatakat dan berbagai sektor usaha, termasuk PLTU ini juga untuk mendukung sistem kelistrikan di KEK Mandalika dan sektor pariwisara di Lombok," jelas Josua dikutip dari rilis, Selasa (25/1/2022).

Dengan kapasitas total 100 MW, PLTU Sambelia memiliki potensi target produksi listrik tahunan sebesar 735.233 Gwh dengan peak hour 153.172 Gwh dan off peak hour 582.052 Gwh.

Nilai proyek pembangunan PLTU Sambelia mencapai Rp3,2 triliun dengan serapan tenaga kerja 900 orang. Dalam pembangunan proyek ini, PLN UIP Nusra telah memenuhi penyerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan pencapaian sejumlah 24,85 persen hingga akhir tahun 2021 lalu. (K48)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pltu ntb
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top