Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hotel Bintang Empat di NTB Paling Diminati Tamu Selama Oktober 2021

Selama Oktober jumlah tamu menginap di hotel bintang tiga masih lebih rendah dibanding hotel bintang empat.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MATARAM - Hotel Bintang empat di Nusa Tenggara Barat menjadi hotel yang paling diminati oleh wisatawan selama Oktober 2021.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) NTB mencatat hotel bintang empat menjadi hotel dengan jumlah tamu paling banyak selama Oktober 2021. Jumlah tamu menginap tercatat 25.400 orang, jauh lebih tinggi dibandingkan hotel bintang 5 yang jumlah tamu menginap hanya 2.523 orang.

Kepala BPS NTB Wahyudin menjelaskan selama Oktober jumlah tamu menginap di hotel bintang tiga masih lebih rendah dibanding hotel bintang empat.

"Kalau jumlah tamu menginap di hotel bintang 3 tercatat 17.553, lebih sedikit dari jumlah tamu bintang 4, sedangkan hotel bintang 2 lebih rendah lagi dengan 3.463 orang tamu," jelas Wahyudin melalui live streaming dikutip, Kamis (2/12/2021).

Selain dari wisatawan, tingkat hunian kamar hotel bintang empat di NTB ditopang oleh banyaknya kegiatan MICE seperti seminar, meeting business dari intansi maupun swasta. "Hotel bintang empat menjadi pilihan tamu menginap baik dari dalam negeri maupun luar negeri, kemudian disusul oleh hotel bintang tiga, bintang dua dan bintang lima," ujar Wahyudin.

Rata-rata lama tamu menginap di hotel bintang 4 pada Oktober tercatat 2,47 hari. Sedangkan hotel bintang tiga 2,44 hari, hotel bintang dua 4,7 hari dan hotel bintang lima hanya 2,01 hari.

Sementara itu, Tingkat Hunian Kamar (TPK) hotel bintang di NTB selama Oktober sejumlah 41,69 persen atau meningkat 3,20 persen dibanding September 2021 dengan TPK 38,49 persen (mtm). Penurunan tingkat hunian kamar dialami oleh hotel non bintang, yang turun 0,16 persen dari TPK 16,75 persen pada September menjadi 16,14 persen pada Oktober 2021 (M to M). (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper