Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabupaten Sumbawa Barat Tawarkan Pembangunan Bandara Poto Tano ke Investor

Bisnis.com, MATARAM—Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat membuka kesempatan bagi swasta yang ingin terlibat dalam pembangunan bandara di Desa Kiantar, Kecamatan Poto Tano.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  12:55 WIB
Kabupaten Sumbawa Barat Tawarkan Pembangunan Bandara Poto Tano ke Investor
Bandar Udara Banyuwangi. - ANTARA

Bisnis.com, MATARAM - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat membuka kesempatan bagi swasta yang ingin terlibat dalam pembangunan bandara di Desa Kiantar, Kecamatan Poto Tano.

Bupati Sumbawa Barat W.Musyafirin menjelaskan pembangunan bandara tidak lain untuk mengejar keteringgalan Sumbawa Barat dibandingkan daerah lainnya. Keterlibatan swasta diharapkan dapat mendongkrak realisasi investasi khususnya di sektor pariwisata. Pemkab Sumbawa Barat menjadikan pembangunan bandara sebagai target harus dituntaskan untuk menggenjot investasi yang masih terkendala akses kecepatan transportasi dibandingkan daerah lainnya. 

"Pembangunan Bandara diharapkan menumbuhkan iklim investasi, oleh sebab itu semua pihak harus mendukung, apalagi sudah masuk dalam RTRW Sumbawa Barat" jelas Musyafirin dikutip dari rilis pada Senin (17/5/2021).

Pihaknya juga mendorong ASN dilingkungan Pemkab untuk ikut mensosialisasikan pembangunan Bandara agar seluruh lapisan masyarakat paham akan pentingnya bandara. Keterlibatan ASN penting agar jangan lagi ada perdebatan untuk tidaknya keberadaan bandara. Dia mencontogkan Kabupaten Banyuwangi dengan Jember yang berdekatan, tetapi di masing-masing Kabupaten itu ada bandara.

Pembangunan bandara tidak menggunakan dana APBN maupun APBD, skema pembiayaan menggunakan dana swasta. Salah satu perusahaan yang disebut-sebut membiayai pembangunan Bandara adalah PT Amman Mineral. Pemkab Sumbawa Barat juga masih mencari investor lain untuk membangun bandara tersebut.

"Kami juga mempromosikan pembangunan bandara melalui media daring, mencari siapa yang berminat," ujar Musyafirin.

Sementara itu, realisasi invetasi Sumbawa Barat pada kuartal I/2021 Rp479 miliar atau 13 persen dari target realisasi 2021 senilai Rp3,4 triliun. Data Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sumbawa Barat menyebutkan realisais investasi pada kuartal I/2021 di sektor pertambangan dan perikanan. Sumbawa Barat sedang gencar menggenjot investasi di sektor lain seperti pariwisata dan pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi bandara sumbawa
Editor : Feri Kristianto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top